Manfaat Makan Kacang Tanah untuk Diet

Mempunyai berat badan yang ideal adalah impian semua orang. Untuk mendapatkan tubuh ideal kebanyakan orang memilih untuk melakukan diet ketat, apalagi bagi orang yang mudah sekali gemuk.  

manfaat kacang tanah untuk dietDiet merupakan cara yang sudah tidak umum lagi untuk menurunkan berat badan. Saat melakukan diet juga harus tetap memenuhi asupan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh seperti karbohidrat, vitamin, mineral, protein dan kandungan nutrisi lainnya. Diet dengan mengkonsumsi makan makanan yang sehat merupakan hal penting sebagai anjuran para ahli.

Kacang tanah merupakan salah satu makanan yang bermanfaat untuk diet. Sesuai dengan namanya, kacang tanah merupakan golongan kacang-kacangan. Pada umumnya kacang-kacangan memang dikenal mengandung sumber protein yang tinggi.

Lantas, apa saja manfaat kacang tanah untuk diet? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, penulis punya jawabannya sebagai berikut :

1. Membuat Cepat Kenyang

Kacang tanah memiliki kandungan serat dan protein tinggi. Kedua kandungan nutrisi tersebut memberikan rasa kenyang yang lebih lama setelah mengkonsumsinya. Hal ini baik untuk orang yang sedang berdiet agar tidak terus melakukan kebiasaan ngemil.

2. Mencukupi Kebutuhan Energi

Kacang tanah merupakan makanan rendah kalori yang bebas dari bahan pengawet. Kandungan kalori yang cukup akan diproses di dalam tubuh dalam bentuk energi. Sedangkan jumlah kalori yang berlebihan akan disimpan dalam bentuk lemak. Karena kacang tanah tidak mempunyai kandungan kalori yang tinggi, maka semua kandungan kalori di dalamnya akan diubah menjadi bentuk energi yang dibutuhkan oleh tubuh.

3. Menstabilkan Gula Darah

Kacang tanah mempunyai sifat yang mudah dicerna dan diserap oleh tubuh. Sifat tersebut berguna untuk menstabilkan kadar gula darah untuk membantu mengurangi nafsu makan yang berlebihan.

4. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Mengkonsumsi kacang tanah secara teratur dan bijaksana dapat membantu dalam proses meningkatkan metabolisme tubuh. Saat proses metabolisme meningkat dapat membantu dalam pembakaran lemak dan kalori yang menumpuk.

5. Sebagai Camilan Sehat

Saat melakukan diet kebanyakan orang cenderung menahan diri untuk makan camilan. Padahal mengemil bukanlah suatu kebiasaan yang dilarang, asalkan tetap bijaksana dalam memilih makanan yang dijadikan camilan. Kacang-kacangan adalah camilan yang sehat untuk dikonsumsi, termasuk kacang tanah. Kacang tanah memiliki kadar gula rendah sehingga bisa dikonsumsi sebagai camilan sehat.

Sesuai dengan informasi di atas memang telah dijelaskan bahwa kacang tanah bermanfaat untuk diet. Manfaat itu bisa didapatkan secara maksimal jika  mengkonsumsinya dalam porsi yang tidak berlebihan. (Baca Juga: Khasiat Kacang Merah bagi Kesehatan Tubuh )
Advertisement

Artikel Lainnya :-D