Cara Mengatasi Osteoarthritis Secara Alami

Usia tua merupakan waktu dimana terjadi penurunan sistem kekebalan tubuh, sehingga penyakit dapat dengan mudah menyerang tubuh. Penyakit yang sering menyerang pada usia tua adalah masalah persendian dan tulang. Sebab, tingkat kepadatan tulang mulai menurun dan kurangnya asupan kalsium di usia tua. Penyakit persendian dan tulang yang dengan mudah diderita oleh seorang yang sudah lanjut usia adalah osteoarthritis.
Penyakit osteoarthritis ini dapat membuat penderita mengalami nyeri pada sendi yang tidak tertahankan. Selain itu dapat pula mengakibatkan asam urat, cidera pada sendi, gangguan hormonal, obesitas, dll.

Cara Mengatasi Osteoarthritis Secara Alami
Image Source: pixabay.com
Untuk mengobati penyakit osteoarthritis ini dapat diatasi dengan menggunakan beberapa macam cara alami yang dapat dilakukan dalam kehidupan sehari – hari. Sehingga nyeri sendi akibat penyakit ini dapat teratasi. Nah, apa sajakah cara alami tersebut? Berikut ulasannya!
  • Olahraga 
Olahraga merupakan kegiatan yang sebenarnya wajib dilakukan oleh setiap orang, dari anak – anak sampai dengan orang dewasa. Apalagi bagi penderita osteoarthritis, olahraga juga harus rutin dilakukan setiap pagi hari ditambah dengan mengkonsumsi beberapa macam obat alami dibawah ini. Dengan olahraga jalan kaki atau joging dapat melatih dan melemaskan persendian supaya tetap kuat. Selain itu, tubuh yang terpapar sinar matahari pagi akan mendapatkan asupan vitamin D yang berguna untuk menjaga kekuatan tulang.
  • Diet (Khusus yang Obesitas)
Obesitas merupakan salah satu penyebab terjadinya gangguan pada persendian. Hal ini dikarenakan orang obesitas berat badan akan naik tinggi dan lemak yang ada di dalam tubuh yang begitu banyak membuat sendi menerima tekanan yang sangat besar. Berbeda dengan orang yang normal atau memiliki berat badan normal, tidak akan mengalami hal semacam itu. Sehingga untuk mencegah sakit pada sendi karena berat badan yang besar salah satu caranya adalah dengan diet.

Jadi, diet tidak hanya dapat membuat badan kembali ideal dan proporsional lagi, namun juga dapat terhindar dari penyakit persendian. Namun tidak itu saja,  asupan makanan untuk diet juga perlu diperhitungkan seperti konsumsi makanan yang mengandungkan kalsium tinggi, vitamin C, vitamin D dan vitamin E. Kandungan tersebut sangat diperlukan untuk menguatkan tulang dan menghindari pengeroposan tulang.
  • Cabai Merah
Cabai merupakan tanaman yang memiliki rasa pedas dan biasanya sering digunakan untuk bumbu masakan. Namun siapa yang tahu jika cabai memiliki manfaat untuk mengatasi sakit karena penyakit osteoarthritis. Dengan cara menggosokkan cabai yang dibelah menjadi dua atau bisa juga ditumbuk pada bagian sendi yang sakit dan nyeri. Awal penggunaan akan merasakan rasa panas, namun setelah beberapa saat akan berubah menjadi hangat. Nah, rasa hangat inilah yang akan menghilangkan rasa nyeri dan meredakan peradangan pada sendi. Selain itu, supaya tidak terlalu panas  dapat dicampurkan minyak zaitun. Digunakan sebelum tidur, supaya keesokan harinya dapat merasakan manfaatnya.
  • Tanaman Paku Ekor Kuda
Tanaman paku ekor kuda terdengar asing di telinga ketika bagi yang awam dengan tanaman hias. Tanaman ini termasuk salah satu tanaman hias yang selain digunakan untuk mempercantik lingkungan dan rumah, juga dapat digunakan sebagai obat sakit serta nyeri sendi. Cara menggunakannya cukup dengan mengolahnya sebagai jus dan minum secara rutin setiap harinya.
  • Daun Kemangi
Daun kemangi dapat dengan mudah kita temukan di pekarangan rumah atau di abang sayur. Tanaman yang memiliki wangi khas ini ternyata dapat digunakan sebagai obat untuk meredakan rasa nyeri pada persendian. Cukup dengan mengkonsumsi daun kemangi sebagai lalapan atau dibuat jus daun kemangi, kemudian diminum sehari 3 kali.

Nah, itulah tadi beberapa macam cara untuk mengatasi penyakit osteoarthritis dengan bahan alami. Jadi, penyakit tersebut umumnya menyerang orang yang sudah lanjut usia. Namun dapat diatasi dengan menggunakan beberapa macam cara seperti diatas. Semoga bermanfaat! (Baca Juga: Obat Alami Pegel Linu dan Nyeri Sendi  )
Advertisement

Artikel Lainnya :-D