Beberapa Benda Di Sekitar yang Mengandung Banyak Kuman

Kuman mempunyai banyak dampak buruk bagi kesehatan tubuh, kuman bisa berada dimana saja terutama di tempat atau benda-benda yang terlihat kotor. Namun, kuman juga bisa berada pada tempat atau benda yang terlihat bersih, dengan jumlah yang lebih banyak dibandingkan dengan kuman yang berada di toilet. 

1. Handuk

Salah satu benda yang sekilas terlihat bersih tetapi mengandung banyak kuman adalah handuk. Salah satu penyebab mengapa handuk mengandung banyak bakteri adalah handuk yang seringkali dibiarkan lembap. Untuk meminimalisir jumlah kuman  berkembang biak, rajinlah untuk menjemur handuk  di bawah sinar matahari dan cucilah handuk minimal sekali dalam seminggu dengan menggunakan air panas.

benda disekitar yang mengandung kuman2. Ponsel

Keberadaan kuman di permukaan ponsel terjadi akibat adanya kuman yang berpindah dari tangan setelah memegang benda-benda yang kotor. Kuman-kuman tersebut mempunyai sifat yang negatif, salah satunya dapat menyebabkan wajah berjerawat.

3. Spons Cuci Piring

Meskipun telah dicuci, ternyata bukan jaminan bahwa peralatan makan 100% terbebas dari kuman. Hal ini disebabkan karena spons yang digunakan untuk mencuci peralatan makan mengandung banyak bakteri yang terselip di lubang-lubang kecil pada spons.

4. Sikat Gigi

Sikat gigi yang berfungsi untuk membersihkan gigi dari kuman, ternyata mempunyai banyak bakteri dan kuman, apalagi jika sikat gigi tersebut mempunyai penutup sehingga selalu lembab. Kondisi yang lembab dan basah akan membuat kuman yang bersarang di dalam sikat gigi tersebut semakin bertambah banyak.

5. Tas Tangan

Tas tangan berpotensi besar menjadi sarang kuman karena sering dibawa serta ditaruh di berbagai tempat seperti meja kotor, toilet, kursi bus, lantai dan lain sebagainya.

Kunci utama untuk mencegah kuman berkembang biak pada benda-benda di sekitar adalah dengan selalu menjaga kebersihan lingkungan dan diri sendiri. (Baca Juga: Bahaya Pengharum Ruangan bagi Kesehatan )



Advertisement

Artikel Lainnya :-D