Makanan & Minuman yang Mempercepat Penuaan Dini

Makanan merupakan salah satu sumber energi dan sumber nutrisi bagi tubuh demi kelangsungan hidup manusia. Pengaruh makanan yang dikonsumsi setiap hari terhadap kesehatan tubuh manusia sangatlah besar. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga pola hidup sehat dengan makan makanan yang sehat. Namun sebaliknya, apabila seseorang mengkonsumsi makanan yang kurang atau tidak sehat, maka akan menimbulkan beberapa macam gangguan kesehatan. Penyakit mulai berdatangan dan terjadi beberapa masalah terhadap kesehatan kulit juga. 

Makanan & minuman yang mempercepat penuaan dini
Image Source: pixabay.com
Makanan juga ambil andil dalam menjaga kesehatan kulit. Apabila mengkonsumsi makanan yang salah dapat mengakibatkan masalah pada kulit, seperti gatal alergi, bisul, dan bahkan sampai mengakibatkan wajah tampak lebih tua dari usia semestinya atau dikenal juga dengan penuaan dini. Nah, jenis makanan apa sajakah itu? Berikut ini ulasannya!
  • Gula dan Garam
Gula dan garam merupakan jenis makanan perasa manis dan asin yang dapat membuat kulit tampak lebih tua. Rasa gula yang manis memberikan rasa enak pada lidah, namun pada kenyataannya terlalu banyak makan gula dapat membuat tampak lebih tua dan malah mempercepat penuaan dini. Apalagi pemanis buatan pengganti gula, selain dikonsumsi dapat memicu terjadi obesitas dan diabetes juga dapat mengakibatkan penuaan dini. Begitu juga dengan garam yang memiliki rasa asin dan gurih, ternyata juga dapat mempercepat penuaan dini juga.
  • Alkohol dan Soda
Alkohol merupakan minuman haram bagi agama islam. Selain itu juga tidak baik bagi kesehatan tubuh karena memabukkan atau hilangnya kesadaran karena sistem saraf sudah dilemaskan ketika minum minuman beralkohol. Alkohol ternyata juga dapat mempercepat proses penuaan dini. Sedangkan untuk soda sendiri juga mempercepat proses penuaan dini sehingga kulit tampak lebih tua padahal usianya masih muda.
  • Makanan Cepat Saji
Makanan cepat saji atau junk food merupakan makanan yang praktis dan memiliki cita rasa yang lezat. Namun tahukah jika makanan cepat saji memiliki berbagai macam bahan dan kandungan di dalamnya yang berdampak buruk bagi kesehatan. Seperti gula, lemak dan garam yang dapat membuat wajah tampak lebih tua apabila dikonsumsi secara berlebihan.
  • Kafein
Tidak hanya minuman kopi saja yang memiliki kandungan kafein di dalamnya, namun beberapa macam jenis teh salah satunya ada teh hitam dan teh hijau. Jenis minuman tersebut juga dapat mempercepat proses penuaan dini dan memperlihatkan kulit semakin tampak tua meskipun usia sudah tua.

Jadi, untuk mendapatkan kulit yang bersih dan terhindar dari penuaan dini, hindari mengkonsumsi beberapa macam makanan diatas. Selain itu, jangan lupa untuk menjaga pola hidup sehat dengan cara mengkonsumsi makanan sehat dan olahraga secara teratur. Semoga bermanfaat! (Baca Juga: Tips Menghaluskan Tumit Kasar )
Advertisement

Artikel Lainnya :-D