Cara Menghaluskan Tumit yang Kasar dan Pecah-pecah

Pada musim panas atau kemarau, banyak orang yang mengalami masalah tumit pecah – pecah dan dapat menyebabkan rasa sakit serta perih. Namun bukan berarti saat musim penghujan tak ada yang mengalaminya. Tumit pecah – pecah dapat terjadi karena hilangnya kelembapan pada tumit, sehingga membuatnya kering dan menjadi pecah – pecah. Perlu diperhatikan juga untuk tidak membiarkannya terlalu lama. Sebab jika tidak segera diobati dapat menyebabkan infeksi oleh bakteri yang masuk di sela – sela tumit yang pecah dan malah memperparah keadaan.

Cara menghaluskan tumit yang kasar dan peah-pecah
Image Source: pixabay.com

Tips Mengatasi Tumit Pecah-pecah dan Kasar


Ada beberapa cara untuk mengatasinya, salah satunya dengan menggunakan getah pepaya yang dioleskan pada tumit, lalu biarkan beberapa menit. Kemudian bilas dengan air. Namun, berikut ini ada beberapa tips lainnya yang dapat dicoba untuk mengatasi masalah ini seperti berikut!

  • Membersihkan Kaki
Dengan menjaga kebersihan kaki dapat mencegah terjadinya tumit pecah – pecah. Caranya dengan merendam kaki selam 10 menit dengan air hangat, lalu gosok dengan menggunakan batu apung. Sehingga sel kulit mati pada kaki dapat hilang dan mengecilkan resiko tumit pecah – pecah. Kemudian bilas dengan air bersih dan keringkan dengan handuk. Selain itu dapat pula dilakukan pada saat sebelum tidur.

  • Krim Pelembab
Untuk mencegahnya dapat menggunakan krim pelembab kaki atau krim khusus untuk kaki sebelum tidur untuk mencegah kaki kering yang beresiko tumit pecah  - pecah.

  • Bahan Alami
Jika khawatir dengan krim pelembab yang mengandung bahan kimia yang memiliki efek samping terhadap tubuh. Sebaiknya bisa menggunakan bahan alami yang hampir tidak memiliki efek samping bagi kesehatan. Seperti minyak nabati yang dioleskan pada kaki sebelum tidur,  ada juga dengan merendam kaki dengan jus lemon selam 10 menit setiap seminggu sekali dan bisa juga menggunakan buah alpukat yang dihaluskan menyerupai bubur yang dioleskan pada tumit kaki yang pecah – pecah.

Selain itu bisa menggunakan buah pisang yang dilumatkan. Kemudian oleskan pada tumit selama 10 menit, setelah itu bilas dengan air bersih dan keringkan dengan handuk.

Nah, itulah tadi beberapa tips untuk mengatasi tumit pecah – pecah secara alami. Tapi jangan kemana-kemana dulu, baca juga: Tips Mencegah Bau Kaki Saat Memakai Sepatu


Advertisement

Artikel Lainnya :-D