Kandungan Gizi & Manfaat Buah Cranberry untuk Tubuh

manfaat buah cranberry
Sesuai dengan namanya, cranberry merupakan jenis beri-berian yang identik dengan ukurannya yang mungil dan dengan warna merah terang. Meskipun demikian, tidak banyak orang yang mengenal buah ini karena cukup sulit untuk didapatkan di pasaran termasuk di negara Indonesia karena buah ini banyak dijumpai di pesisir timur laut  Amerika Utara yang tumbuh subur di daerah gambut rawa-rawa. 

Cranberry mempunyai ciri-ciri yang mudah dikenali karena tanaman menyerupai pohon strawberry yang merupakan tumbuhan semak yang merambat, buah ini juga mempunyai rasa asam segar sehingga banyak orang yang menyukainya untuk dikonsumsi secara langsung dan ada pula yang mengolahnya menjadi buah kering, minuman segar, bahan campuran pembuatan dan hiasan kue bahkan dapat digunakan sebagai pewarna alami.

Selain itu, buah ini juga mempunyai banyak kandungan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, mari simak dengan seksama mengenai hal ini.

1. Vitamin C

Di dalam buah ini terdapat zat antioksidan  yang terdiri dari kandungan vitamin C tinggi. Kandungan vitamin tersebut berguna untuk mencegah adanya kerusakan akibat radikal bebas serta dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

2. Vitamin E

Sama seperti vitamin C, kandungan vitamin E juga mempunyai kemampuan untuk melawan efek yang ditimbulkan oleh efek radikal bebas sehingga berguna untuk mencegah dan mengurangi terjadinya penyakit seperti, penyakit kulit, penyakit kanker dan lain sebagainya.

3. Vitamin K

Kandungan vitamin K yang dimilikinya bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang sehingga dapat mencegah osteoporosis dan dapat mencegah terjadinya gangguan penyakit lainnya.

4. Serat

Kandungan serat pangan yang terdapat di dalamnya berfungsi untuk melancarkan sistem pencernaan, menjaga organ pencernaan, mencegah sembelit dan berguna untuk mencegah penyakit serius seperti jantung koroner dan kardiovaskular.

5. Rendah Kalori

Buah ini mempunyai kandungan kalori rendah karena di dalam satu cangkir buah cranberry terdapat 25 kalori sehingga sangat baik dikonsumsi sebagai salah satu makanan diet sehat.

Meskipun mempunyai ukuran yang mungil buah ini mempunyai manfaat besar yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh dalam mengatasi dan mencegah terjadinya suatu penyakit serius seperti yang sudah dijelaskan.  (Baca Juga: Kandungan Nutrisi dan Khasiat Buah Blueberry )
Advertisement

Artikel Lainnya :-D