Hal yang Tidak Boleh Dilakukan saat Masa Kehamilan

Masa kehamilan merupakan saat yang dinanti oleh setiap wanita khususnya bagi pasangan suami istri dan anggota keluarga lainnya. Kehamilan merupakan sebuah anugrah yang luar biasa bagi seorang wanita, apalagi jika hal itu merupakan kehamilan pertama. 

Sumber Gambar:
https://www.flickr.com/photos/bayuaditya/15959597923
Wanita hamil harus selalu ekstra hati-hati untuk menjaga kesehatan janinnya karena setiap ibu hamil tentunya menginginkan anaknya lahir dengan sehat, lengkap dan berkualitas, untuk itu penting untuk mengetahui hal-hal yang tidak boleh dilakukan selama masa kehamilan.

Namun, sebagian besar wanita hamil cenderung menyepelekan hal ini karena hanya dianggap sebuah mitos belaka. Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai hal-hal yang tidak boleh dilakukan selama kehamilan beserta dengan dampak yang akan ditimbulkan.

1. Memakai Sepatu Hal Tinggi

Larangan untuk menggunakan sepatu hak tinggi sering disepelehkan oleh wanita hamil karena alasan penampilan padahal penggunaan sepatu hak tinggi menyebabkan peregangan otot-otot pada daerah pinggang sehingga wanita hamil sering mengeluhkan adanya rasa sakit dan pegal di daerah pinggang karena adanya perubahan sumbu yang akan cenderung ke depan. Selain itu, penggunaan sepatu hak tinggi dapat menganggu keseimbangan tubuh terutama saat kehamilan mulai membesar sehingga akan menyebabkan trauma, cacat janin bahkan keguguran.

2. Menggunakan Obat Anti Nyamuk

Di dalam obat anti nyamuk bakar terdapat bahan kimia aktif yang menimbulkan efek samping seperti memicu kerusakan sistem syaraf. Selanjutnya obat nyamuk spray / semprot dapat menyebabkan kerusakan pada janin dan organ ginjal, sementara itu obat nyamuk dalam bentuk lotion mengandung bahan korosif yang mudah diserap oleh kulit menjadi bentuk racun di dalam tubuh. Oleh karena itu penggunaan obat anti nyamuk dalam bentuk apapun tidak dianjurkan untuk ibu hamil, sebaiknya gunakan kelambu di tempat tidur atau bisa menggunakan minyak kayu putih sebagai obat anti nyamuk.

3. Naik Kendaraan Pada Jalan Yang Jelek

Selama ini banyak yang beranggapan bahwa ibu hamil tidak diperbolehkan untuk mengendarai motor atau mobil karena dianggap dapat menganggu kesehatan kehamilan. Padahal hal yang tidak boleh dilakukan adalah mengendarai kendaraan bermotor untuk melewati jalanan yang jelek karena dapat memberikan guncangan pada janin dan akan membuat otot pinggang, punggung, dan perut ibu hamil meregang sehingga menjadi mudah lelah.

4. Mengkonsumsi Obat-obatan Tanpa Petunjuk Dokter

Mengkonsumsi obat saat hamil dapat masuk ke dalam plasenta dan sirkulasi janin sehingga akan berpengaruh pada perkembangan janin, untuk itu penting untuk mengkonsumsi obat yang sesuai dengan resep dan petunjuk dokter.

5. Melakukan Diet Selama Kehamilan

Melakukan diet pada masa kehamilan dapat membahayakan kesehatan ibu hamil dan janinnya karena dapat menyebabkan kekurangan vitamin, mineral dan kandungan zat-zat lain yang diperlukan selama kehamilan. 

Semua hal yang tidak boleh dilakukan selama masa kehamilan harus dihindari untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janinnya. Hal itu juga berguna untuk melancarkan proses persalinan. (Baca Juga: Olahraga yang Cocok bagi Wanita Hamil )
Advertisement

Artikel Lainnya :-D