Efek Samping Facial Wajah bagi Kesehatan Kulit & Kecantikan

Facial merupakan salah satu perawatan wajah berupa kegiatan pembersihan wajah dengan menggunakan minyak, krim, arus listrik dan beberapa pijatan pada wajah. Perawatan ini dapat memberikan beberapa manfaat pada wajah diantaranya adalah dapat membersihkan pori-pori, mengangkat sel kulit mati pada wajah dan menghilangkan jerawat. 

Semua orang pastinya menyukai facial khususnya bagi para wanita karena efek yang ditimbulkan perawatan ini akan membuat seseorang seperti terlahir kembali dengan suasana wajah yang terlihat lebih halus dan berkilau.
Namun, perawatan yang satu ini juga dapat memberikan efek samping yang disebabkan karena prosedur  yang tidak tepat sehingga akan memberikan dampak negatif bagi penampilan dan kesehatan kulit wajah.
Efek samping facial wajah bagi kesehatan kulit & kecantikan
Image Source: pixabay.com

1. Kemerahan dan Iritasi

Terlalu kerasnya krim atau penggunaan alat yang digunakan pada wajah karena prosedur yang kurang tepat akan membuat kulit wajah mengalami iritasi, gatal dan kemerahan. Untuk mengatasi hal tersebut bisa dilakukan dengan cara mencuci muka menggunakan susu dan air dingin agar iritasi pada wajah berkurang. 

2. Reaksi Dengan Make Up

Sebaiknya, hindari pengunaan make up setelah facial karena kulit wajah akan bereaksi buruk pada facial. Namun, jika sebuah pekerjaan mengharuskan pembaca untuk memakai make up sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau klinik kecantikan.

3. Menimbulkan Jerawat

Secara tidak langsung facial akan membuat krim yang digunakan pada wajah dapat melepaskan kotoran yang terperangkap di bawah permukaan kulit. Namun, jika seseorang yang mempunyai kulit sensitif akan sulit untuk menerima krim, masker atau bahan kimia sehingga akan menimbulkan beberapa jerawat untuk efek jangka pendeknya. 

4. Jaringan Parut Permanen

Facial yang tidak dilakukan sesuai prosedur dapat menyebabkan jaringan parut permanen pada wajah sehingga sangat penting untuk memilih klinik atau salon kecantikan yang berpengalaman dan tanyakan mengenai prosedur apa saja yang akan dilakukan selama proses facial.

Setelah mengetahui informasi ini, sebaiknya pembaca selalu berhati-hati ketika ingin melakukan facial wajah di tempat yang baru. Pilihlah klinik atau salon kecantikan yang berpengalaman dan pilihlah tempat facial yang sudah direkomendasikan oleh beberapa teman atau kerabat, hal tersebut bertujuan untuk mencegah efek samping yang berpengaruh pada kerusakan dan kesehatan wajah. (Baca Juga: Manfaat Bengkoang untuk Kecantikan & Kesehatan Kulit Wajah )
Advertisement

Artikel Lainnya :-D