Cara Mengatasi Sariawan pada Bayi Usia 2-12 Bulan

Sariawan merupakan penyakit yang sering terjadi pada area mulut / bibir, penyakit ini terjadi karena adanya infeksi jamur yang menimbulkan peradangan atau bercak putih yang terasa perih, sariawan juga dapat terjadi pada bayi yang dikenal dengan sebutan gom.

Terjadinya sariawan pada bayi disebabkan karena ibu yang sedang menyusuinya kurang menjaga kebersihan sehingga tumbuhlah jamur jenis candida albicans dari puting susu ibu yang cepat menular pada bayi karena daya tahan tubuh bayi masih lemah dan sensitif.

Cara Mengatasi  Sariawan pada Bayi Usia 2-12 Bulan
Image Source: pixabay.com
Bayi yang mengalami sariawan akan kesulitan untuk meminum susu dan menelan asupan makanan, kondisi ini tentunya akan merepotkan orang-orang disekitarnya termasuk orang tuanya karena bayi akan lebih sering menangis dan sering rewel. Untuk mencegahnya sebaiknya berikan pengobatan alami yang mudah untuk dilakukan.

1. Konsumsilah Makanan Yang Mengandung Prebiotik

Jika bayi mengkonsumsi ASI, sebaiknya ibu mengkonsumsi makanan yang mengandung prebiotik untuk mengobati dan mencegah sariawan tumbuh kembali, kandungan prebiotik terdapat di dalam makanan seperti yogurt, acar kimchi, jamur candida dan lain sebagainya.

2. Menerapkan Diet Yang Tepat

Diet yang dimaksud bukanlah cara untuk menurunkan berat badan melainkan mengkonsumsi makanan yang sehat ketika menyusui agar meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi. Kurangilah mengkonsumsi makanan instan, makanan kaleng dan makanan yang mengandung banyak gula.

3. Cuka Sari Apel

Oleskan cuka sari apel pada puting payudara untuk mencegah pertumbuhan jamur dan dapat menghilangkan sariawan pada bayi.

4. Minyak Kelapa

Minyak kelapa murni merupakan salah satu obat anti jamur yang baik dan aman bagi bayi, caranya cukup mengoleskan minyak kelapa tersebut di bagian puting payudara untuk mengatasi pertumbuhan jamur di mulut bayi.

5. Bawang Putih

Bagi ibu yang sedang menyusui dianjurkan untuk mengkonsumsi sayuran atau bahan makanan yang mengandung banyak bawang putih ketika si kecil mengalami sariawan.

Penting untuk selalu menjaga kesehatan dan kebersihan diri khususnya untuk ibu yang sedang menyusui karena kondisi ibu dapat mempengaruhi kesehatan bayi. Itu tadi beberapa tips yang dapat penulis berikan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat bagi referensi sehat harian pembaca. Selamat mencoba! (Baca Juga: Tips Supaya Bayi Mau Makan dengan Lahap )




Advertisement

Artikel Lainnya :-D