7 Rempah dan Tanaman Herbal untuk Mengontrol Tekanan Darah Tinggi

manfaat rempah dan tanaman herbal
Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan masalah yang dapat memicu adanya komplikasi penyakit seperti, penyakit stroke, jantung koroner dan gagal ginjal. Pada umumnya, hipertensi tidak menunjukkan gejala akan tetapi baru bisa dideteksi ketika kondisi tubuh sudah parah. 

Biasanya orang yang mempunyai resiko tinggi terkena hipertensi adalah mereka yang mempunyai riwayat kesehatan keluarga yang mengidap penyakit ini. Untuk mengatasi hal ini bisa dilakukan dengan mulai menjaga kebiasaan dan pola hidup sehat seperti, berolahraga secara teratur, beristirahat dengan cukup, menjaga kondisi psikis serta mengurangi konsumsi makanan yang mengandung gula dan garam. Selain itu, penderita hipertensi dianjurkan untuk mengkonsumsi rempah-rempah atau tanaman herbal yang berguna untuk mengontrol tekanan darah. 

1. Bawang Putih

Kandungan antioksidan allicin bermanfaat untuk mengontrol tekanan dengan cara mengatur tekanan darah agar tetap stabil. 

2. Bawang Merah

Bawang merah mengandung antioksidan flavonol quercetin yang mempunyai kemampuan untuk mengontrol tekanan darah, meningkatkan sirkulasi darah, meningkatkan produksi darah serta dapat mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke.

3. Kayu Manis

Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam kayu manis berguna untuk menstabilkan tekanan darah tinggi sehingga baik dikonsumsi untuk penderita diabetes.

4. Selasih

Kandungan antioksidan eugenol di dalam selasih bermanfaat untuk mengurangi glukosa dan kadar kolesterol di dalam darah sehingga bermanfaat untuk menurunkan resiko terkena penyakit jantung.

5. Oregano

Kandungan zat anti-fungal seperti carvacrol dan thymol mempunyai kemampuan untuk mengurangi tekanan darah arterial, diastolik dan sistolik. Selain itu, satu sendok teh oregano mengandung potassium sebanyak 23 gram yang sangat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah.

6. Rosemary

Rempah yang satu ini biasanya digunakan untuk penganti garam, sehingga dapat membuat masakan terasa gurih tanpa meningkatkan tekanan darah. 

7. Seledri

Seledri merupakan bahan makanan yang sering digunakan untuk membuat sayur sop. Meskipun demikian, seledri berguna untuk menurunkan tekanan darah karena di dalamnya terdapat kandungan senyawa 3-n butil-phtalide yang berguna untuk melebarkan otot dinding arteri sehingga dapat mengalir lebih lancar.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya pilihlah bahan yang masih segar serta penting untuk mengetahui cara pengolahan dan pemakaiannya dengan benar.(Baca Juga: Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi / Hipertensi secara Alami )
Advertisement

Artikel Lainnya :-D