10 Manfaat Berjemur di Pagi Hari untuk Kesehatan Tubuh

Tuhan telah memberikan sinar matahari untuk menyinari bumi, menjaga bumi dari kebekuan dan dapat memberikan sumber kehidupan. Walaupun demikian, sinar matahari cukup ditakuti oleh kebanyakan masyarakat karena dapat meningkatkan resiko terkena penyakit kanker dan mata katarak. Oleh karena itu sebagian besar orang berhati-hati dan melindungi diri dari bahaya sinar ultraviolet matahari.

Paparan sinar matahari di siang hari akan menyebabkan kulit terbakar karena diakibatkan oleh adanya sinar radiasi UVB, kondisi tersebut juga dapat menyebabkan kerusakan DNA di dalam tubuh.  Walaupun demikian, paparan sinar matahari juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh ketika di pagi hari, hal tersebut yang menjadi alasan mengapa para ahli menyarankan agar menyempatkan diri untuk Berjemur di pagi hari.



Manfaat berjemur di pagi hari untuk kesehatan tubuh
Image Source: pixabay.com
1. Memproduksi Vitamin D

Paparan sinar matahari pagi dapat merangsang tubuh untuk memproduksi vitamin D, Berjemur di pagi hari dalam waktu 10 - 15 menit mampu menghasilkan produksi vitamin D hingga 3.000 IU. Kandungan vitamin D tersebut berfungsi untuk meningkatkan penyerapan kalsium di dalam usus serta dapat mentransfer kalsium untuk melintasi membran sel sehingga berkemampuan untuk menguatkan tulang. Selain itu, vitamin D juga berperan untuk memberikan perlindungan terhadap berbagai jenis penyakit kanker, diabetes, osteoporosis dan penyakit jantung.

2. Memproduksi Hormon Serotonin

Selain dapat memproduksi vitamin D, sinar matahari juga mampu merangsang produksi hormon serotonin yang mempunyai kemampuan untuk mengatur suasana hati sehingga akan berpikir lebih positif dengan cara yang lebih tenang dan fokus.

3. Mengatasi Depresi

Kandungan endofrin yang dilepaskan di pagi hari dapat mengurangi gejala depresi karena kandungan tersebut berfungsi sebagai anti-depresan alami.

4. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Berjemur di pagi hari dapat meningkatkan sirkulasi darah dengan cara melebarkan pembuluh darah di kulit sehingga kandungan nutrisi dan oksigennya lebih banyak terbawa menuju ke sel-sel tubuh. Kondisi tersebut tentunya dapat menyehatkan organ jantung dan dapat mengontrol tekanan darah.

5. Memperbaiki Kulit

Terpapar sinar matahari di pagi hari dapat memperbaiki kondisi kulit kronis seperti berjerawat, gatal alergi, eksim, dan psoriasis. Di sisi lain juga dapat menurunkan manifestasi dari bekas luka, tanda peregangan dan gangguan kulit lainnya.

6. Menurunkan Resiko Penyakit Kanker

Sintesis vitamin D yang dihasilkan dapat menurunkan berbagai resiko terkena penyakit kanker seperti kanker payudara, kanker prostat, dan kanker ovarium. Para ahli juga telah menggunakan paparan sinar matahari pagi untuk terapi penderita kanker kulit.

7. Mencegah Diabetes

Kandungan vitamin D yang cukup dapat membantu menurunkan kadar gula darah dengan cara merangsang penyimpanan kadar gula di dalam organ hati dan otot.

8. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Ketika tubuh terkena paparan sinar matahari pagi akan menghasilkan lebih banyak sel-sel darah putih sehingga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk menangkal infeksi dan berbagai penyakit akibat bakteri dan virus.

9. Mendetosifikasi Tubuh

Sinar matahari pagi dapat membantu menghilangkan kandungan racun di dalam tubuh serta dapat memperbaiki fungsi organ hati.

10. Memperbaiki Kualitas Tidur

Paparan sinarnya di pagi hari dapat meningkatkan hormon melatonin yang berkemampuan untuk memperbaiki kualitas tidur. 

Sebaiknya, biasakan berjemur di pagi hari selama beberapa menit agar mendapatkan manfaatnya dengan baik. Namun, hindarilah kontak langsung dengan sinar matahari pada pukul 10.00 hingga 16.00 karena pada saat itu terdapat sinar UV yang dapat menganggu kesehatan khususnya kulit. (Baca Juga: Makanan Sehat untuk Sarapan di Pagi Hari )
Advertisement

Artikel Lainnya :-D