Manfaat Beras Ketan Hitam untuk Kulit Wajah & Kesehatan


manfaat beras ketan hitam
Pernahkah mengkonsumsi beras hitam atau beras ketan hitam? Beras yang memiliki warna hitam ini ternyata memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Sebab di dalam beras ketan hitam memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang baik bagi tubuh, seperti zat besi dan antioksidan. Jenis beras ini biasanya diolah sebagai tape ketan hitam atau olahan tradisional lainnya yang dibuat menjadi tepung beras ketan hitam.

Untuk lebih jelasnya lagi mengenai manfaat dari beras ketan hitam bagi kesehatan, berikut ini ada beberapa manfaat beras ketan hitam bagi kesehatan. 
  • Mencegah Diabetes
Beras ketan hitam ternyata dapat mencegah penyakit diabetes dan Alzheimer. Sebab, beras ketan hitam memiliki kandungan antioksidan dan anti inflamasi atau anti peradangan di dalamnya. Sehingga apabila dikonsumsi dalam jangka panjang dapat menurunkan resiko terkena diabetes dan Alzheimer.
  • Menyehatkan Kulit
Seperti jenis beras lainnya, beras ketan hitam juga dapat menjaga kelembapan kulit, bersifat mendinginkan, membuat kulit tampak lebih halus dan cerah. Dengan menggunakan beras ketan sebagai lulur atau masker wajah dapat mengangkat sel kulit mati dan menggantinya dengan sel kulit yang baru.
  • Menjaga Kesehatan Hati
Beras ketan hitam juga memiliki kandungan nutrisi yang dapat mencegah kerusakan pada organ hati, seperti pengerasan hati dan hepatitis. Sehingga membuat organ hati selalu terjaga kesehatannya.
  • Mencegah Kanker
Lebih baik mencegah dari pada mengobati. Untuk mencegah tumbuhnya sel yang memicu kanker dan tumor konsumsi makanan yang kaya akan antioksidan, salah satunya adalah beras ketan hitam yang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan berguna menangkal radikal bebas akibat polusi yang dapat memicu tumbuhnya sel kanker dan tumor dalam tubuh.
  • Mencegah Anemia
Kandungan zat besi yang sangat tinggi sehingga mampu mengatasi anemia. Zat besi membantu produktivitas hemoglobin, sehingga mencegah terjadinya anemia yang ditandai dengan kondisi tubuh lemah, lesu, dan mudah lelah. Untuk itu, sesekali konsumsi beras hitam seminggu dua sampai tiga kali supaya terhindar dari anemia.
  • Mencegah Penuaan Dini
Selain dapat mencegah tumbuhnya sel kanker dan tumor, kandungan antioksidan dapat mencegah terjadinya penuaan dini.
  • Menurunkan Kadar Kolesterol
Kadar kolesterol dalam darah yang tinggi dalam memicu berbagai macam penyakit seperti stroke , penyumbatan pembuluh darah dan serangan jantung. Untuk itu, konsumsi beras ketan hitam sebab dapat membersihkan dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Sehingga dapat pula menjaga kesehatan jantung.

Nah, itulah tadi beberapa manfaat mengkonsumsi beras ketan hitam bagi kesehatan. Jadi, sebenarnya bagi masyarakat perkotaan beras hitam adalah sebutan untuk beras ketan hitam. Sebab, saat dimasak beras hitam akan berubah menjadi lebih lengket. Bagi para petani atau masyarakat pedesaan beras ini biasanya disebut beras ketan hitam yang batangnya lebih tinggi dari jenis beras lainnya.  Baca juga: Jumlah Kalori pada Satu Piring Nasi
Advertisement

Artikel Lainnya :-D