Khasiat Buah Jambu Air Merah bagi Kesehatan

Manfaat buah jambu air merahSesuai dengan namanya, buah ini terkenal karena memiliki kadar air tinggi serta identik dengan teksturnya yang renyah dengan rasanya yang manis. Buah ini mempunyai banyak sekali variasi yang dibedakan dari ukuran dan warnanya ketika matang.

Ketika musimnya, jambu air mudah didapatkan di pasaran dengan harga yang relatif murah. Rasa dan harganya itulah yang membuat buah ini banyak digemari oleh masyarakat luas, dari anak-anak hingga orang dewasa. Selain itu, buah ini juga mempunyai beberapa manfaat tersembunyi yang ampuh untuk menjaga kesehatan tubuh.

Manfaat Konsumsi Jambu Air untuk Tubuh


1. Jambu baik Dikonsumsi Untuk Penderita Diabetes

Para dokter menyarankan agar para penderita diabetes mengkonsumsi buah jambu air, hal tersebut disebabkan karena buah ini mengandung kadar gula rendah dan memiliki kemampuan untuk memperbaiki kadar gula penderita diabetes. 

2. Memperlancar Sistem Pencernaan

Kandungan serat tingginya mempunyai kemampuan untuk memperlancar sistem pencernaan, menyehatkan organ-organ pencernaan, mencegah sembelit serta dapat mengobati diare.

3. Menyehatkan Tulang

Selain buahnya, bijinya juga mempunyai kandungan kalsium dan protein tinggi sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan tulang. 

4. Mengurangi sakit tenggorokan

Kandungan senyawa aktif di dalamnya berfungsi untuk mengurangi rasa sakit di tenggorokan serta dapat mengurangi adanya rasa kembung di dalam lambung.

5. Memiliki Sumber Antioksidan

Kandungan antioksidan yang terdiri dari kandungan vitamin C berfungsi untuk memperbaiki sel-sel dan jaringan yang rusak. Selain itu, kandungan tersebut berperan untuk mencegah adanya radikal bebas sehingga peredaran darah menjadi lancar dan dapat terhindar dari proses penuaan dini. 

6. Mengurangi Dehidrasi

Buah ini memiliki kandungan air yang mencapai 80%  sehingga mampu mencukupi kebutuhan cairan di dalam tubuh yang hilang setelah melakukan berbagai aktivitas seharian.

7. Menurunkan Berat Badan

Kandungan serat dan kadar air tinggi mempunyai kemampuan untuk memberikan efek rasa kenyang yang lebih lama setelah mengkonsumsinya. Hal tersebut tentunya berguna untuk mengontrol diri supaya mengkonsumsi makanan secara terus-menerus, buah ini juga sangat baik dikonsumsi sebagai camilan sehat khususnya bagi mereka yang sedang menjalankan program diet sehat. 

Walaupun jambu air mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, tetap konsumsilah aneka sumber makanan lainnya supaya kebutuhan nutrisi di dalam tubuh menjadi seimbang. Lalu, silahkan juga membaca: Manfaat Jambu Biji Merah 
Advertisement

Artikel Lainnya :-D