Bahaya Makan Mie Instan Dicampur Nasi Terus Menerus

Mie Instan + Nasi Pemicu Diabetes dan Obesitas



Pada jaman modern seperti sekarang ini sudah banyak produk – produk makanan yang serba instan, seperti mie. Mie instan merupakan makanan instan yang sering dikonsumsi bahkan setiap harinya. Selain itu ada juga yang menggunakan mie instan sebagai makanan pokok pengganti nasi. Padahal, makanan instan banyak mengandung bahan pengawet yang belum tentu bermanfaat bagi kesehatan, malah dapat menimbulkan berbagai macam penyakit. Apalagi nasi dengan lauk mie instan, perpaduan kedua makanan tersebut merupakan salah satu kebiasaan masyarakat Indonesia. Apabila belum kenyang dengan mie instan, maka akan ditambah dengan nasi supaya lebih kenyang. Selain membuatnya mudah, dilihat dari segi ekonomi mie instan dengan nasi memang murah, namun apakah sepadan dengan resiko kesehatan yang akan diterima? 

Bahaya Konsumsi Mie Instan Dicampur dengan Nasi

Bahaya Makan Mie Instan Campur Nasi



Dampak negatif  dari nasi dengan lauk mie instan salah satunya beresiko terkena penyakit diabetes dan obesitas. Selain itu, ada pula penyakit lain seperti kanker yang disebabkan dari bahan pengawet mie instan tersebut. Pada dasarnya, kedua jenis makanan tersebut memiliki kandungan kalori dan karbohidrat yang tinggi. Satu porsi mie instan memiliki kandungan kalori sekitar 400 Kal, itu sama dengan satu porsi nasi beserta lauknya. Apabila jika makan nasi dengan lauk mie instan yang kalorinya hampir sama, tak ada bedanya dengan makan dua porsi nasi. 



  • Mengakibatkan Diabetes

Makan nasi dengan lauk nasi ternyata dapat membuat tinggi resiko terkena penyakit diabetes. Hal tersebut dikarenakan kandungan kalori dari kedua makanan tersebut yang tinggi sehingga mengakibatkan produksi hormon insulin dalam tubuh akan menjadi tinggi pula. Selain itu, pankreas akan kelebihan kapasitas dan terjadi kerusakan. Jadi, dari situlah timbulnya penyakit diabetes. 

  • Bahaya Obesitas

Obesitas atau kegemukan dapat terjadi apabila kita sering mengkonsumsi nasi dengan lauk mie instan. Ha ini dapat terjadi dikarenakan kandungan karbohidrat dari mie dan nasi yang berlebih untuk mencukupi kebutuhan setiap harinya, akibatnya kadar gula naik drastis dan indeks glikemik juga ikut naik. Selain itu, mengkonsumsi mie instan terlalu sering akan menimbulkan kanker yang diakibatkan oleh zat pengawet dalam makan instan tersebut.


Semua dampak negatif tersebut dapat kita cegah dengan cara tidak terlalu sering mengkonsumsi mie instan dengan nasi atau sebaliknya. Lebih baik apabila jika ingin makan mie instan tambahkan sayuran yang baik bagi tubuh, seperti wortel, sawi, kacang polong, daging atau telur. Selain itu, perhatikan pula cara memasak mie instan yang baik adalah dengan dua langkah pembuatan. 


Pertama memasak mie terlebih dahulu agar bahan pengawet pada mie. Kedua masak air lagi hingga mendidih dan masukan semua bumbu beserta sayuran dan pelengkap lainnya selama 1 menit. Angkat dan masukan mie yang sudah direbus tadi. Mie instan siap untuk disantap. 



Nah, itulah tadi bahaya diabetes dan obesitas yang dapat terjadi apabila memakan nasi dengan lauk mie instan. Jadi, alangkah baiknya jika memasak makanan sendiri karena lebih aman dari pada membeli produk makanan yang serba instan, namun tidak menjamin kesehatan. Semoga bermanfaat!
Advertisement

Artikel Lainnya :-D