Manfaat Telur Ikan (Kaviar) bagi Kesehatan

Manfaat Mengkonsumsi Kaviar atau Telur Ikan Segar untuk Kesehatan

Pernah makan telur ikan? Atau kaviar? Ya, telur ikan yang berasal dari perut ikan roe merupakan jenis telur yang kaya akan kandungan gizi tinggi dan sudah beredar di pasar dunia. Ikan roe dapat ditemukan di kawasan perairan laut kaspia, yakni antara negara Russia dengan Iran. Telur yang memiliki harga terbilang cukup mahal ini, mempunyai tekstur seperti mentega dan lembut.

Telur ikan atau kaviar dapat kita temukan pada makanan sushi atau hanya digunakan sebagai garnish di rumah makan yang menyediakannya. Telur ikan atau kaviar memiliki banyak sekali kandungan gizi yang baik bagi tubuh, sehingga makanan ini memiliki banyak penggemar tersendiri. Kandungan tersebut seperti pada tabel berikut ini.


Kandungan Telur Ikan / Kaviar


Kandungan
Jumlah/115 gram
Protein
3,9 g
Karbohidrat
0,6 g
Lemak Tak Jenuh Tunggal
0,7 g
Lemak tak Jenuh Ganda
1,2 g
Omega-3
1.086 mg
Omega-6
13 mg
Kalori
169 Kal
Lemak Jenuh
0,6 g
Vitamin A
145 IU
Vitamin B6
0,1 mcg
Vitamin B12
3,2 mcg
Vitamin D
37.1 IU
Vitamin E
0,3 mg
Vitamin K
0,1 mcg
Riboflavin
0,1 mcg
Alfa Retinol
43,4 mcg
Asam Folat
8 mcg
Asam Pantotenat
0,6 mg
Kolin
78,6 mg
Kalsium
44 mg
Magnesium
48 mg
kalium
29 mg
Selenium
10,5 mcg
Sodium
240 mg
Fosfor
57 mg
Seng
0,2 mg
Zat Besi
1,9 mg

Semua kandungan tersebut memiliki kegunaan dan manfaat masing – masing bagi kesehatan tubuh. Nah, manfaat apa saja yang akan didapatkan saat mengkonsumsi kaviar atau telur ikan segar? seperti berikut ini!


Kegunaan & Khasiat Makan Telur Ikan Segar / Kaviar untuk Tubuh

Manfaat Makan Konsumsi Telur Ikan / Kaviar


  • Menyehatkan Mata
Kaviar merupakan sumber vitamin A yang sangat baik bagi kesehatan mata. Selain itu, vitamin A juga dapat bermanfaat bagi tumbuh dan kembang tulang dan menjaga kesehatan kulit.


  • Mencegah Kanker
Kandungan omega 3 pada telur ikan atau kaviar juga dapat mencegah terjadinya pertumbuhan sel kanker, seperti kanker payudara, kanker prostat, dan kanker usus besar.

  • Menyehatkan Jantung
Omega 3 dalam telur kaviar juga mempunyai manfaat untuk mencegah terjadinya penyakit jantung dan menurunkan kadar kolesterol jahat yang dapat mengakibatkan stroke. Selain itu, omega 3 juga berguna meningkatkan fungsi otak, mencegah penyakit Alzheimer dan kepikunan di usia lanjut.

  • Menyehatkan Tulang
Kaviar memiliki kandungan vitamin D, kalsium dan fosfor yang ke semua kandungan tersebut memiliki manfaat yang baik bagi tulang. Sehingga terhindar dari pengeroposan tulang atau osteoporosis akibat menurunnya kepadatan tulang. Kandungan tersebut baik bagi anak – anak di usia pertumbuhan dan perkembangan tulang agar tulang mereka menjadi sehat dan meningkatkan sistem imun dalam tubuh.

  • Mempercepat Pemulihan Pasca Operasi
Kaviar merupakan sumber hemoglobin yang baik untuk mempercepat pemulihan pasca operasi atau setelah menjalani kemoterapi. Hemoglobin membantu darah untuk mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh.

Nah, itulah tadi manfaat mengkonsumsi kaviar atau telur ikan segar bagi kesehatan. Jadi, telur ikan juga dapat menjadi sumber obat yang baik bagi kesehatan dan memulihkan beberapa macam penyakit. Semoga bermanfaat!
Advertisement

Artikel Lainnya :-D