Manfaat Makan Kacang Tanah bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Makan Kacang Tanah

Jika menonton film kesayangan atau sepak bola tak lengkap rasanya kalau tidak ada cemilan seperti kacang tanah goreng. Tanaman dari jenis kacang – kacangan ini merupakan salah satu penyuplai protein nabati terbaik bagi tubuh dari segala macam tanaman. Kacang adalah salah satu makanan penting untuk kesehatan otak.

Kacang tanah memiliki banyak kandungan gizi dan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh, seperti protein, karbohidrat, kalsium, asam folat, vitamin B3 dan lemak baik. Selain itu ada manfaat lainnya yang bisa didapatkan dari kacang tanah, seperti berikut ini.


Kandungan Gizi dan Manfaat Kacang Tanah untuk Kesehatan & Diet / Menurunkan Berat Badan



  • Meningkatkan Kesuburan
Manfaat makan kacang tanah bagi kesehatan tubuh
Image Source: pixabay.com
Kacang tanah memiliki kandungan asam folat yang tinggi. Jadi, baik untuk membantu meningkatkan kesuburan dan mencegah terjadinya cacat pada bayi dari sebelum serta selama masa awal kehamilan. Untuk itu, konsumsi kacang tanah dalam porsi yang cukup memenuhi kebutuhan asam folat per harinya, yaitu sekitar 400 microgram. 

  • Mencegah Penyakit Batu Empedu
Menurut penelitian, kacang tanah atau olahan dari kacang dapat menurunkan resiko berkembangnya batu empedu sebanyak 25% hanya dengan makan 100 gram saja. Mungkin hal tersebut belum banyak diketahui oleh banyak orang.


  • Mencegah Depresi
Kacang tanah juga memiliki kandungan asam amino esensial jenis triptofan yang dapat memproduksi serotonin. Fungsi dari zat ini adalah membuat suasana hati menjai tenang dan nyaman, sehingga dapat mencegah terjadinya stress dan depresi. Sebab, saat mengalami depresi serotonin akan mengalami penurunan yang dilepaskan oleh sel saraf pada otak. Dengan adanya kandungan triptofan dalam kacang tanah dapat meningkatkan jumlah serotonin.


  • Meningkatkan Memori Otak
Kacang tanah dapat meningkatkan kemampuan mengingat. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin B3 dalam kacang tanah yang dapat membuat otak berfungsi dengan normal dan membuat memori pada otak meningkat.


  • Menyehatkan Jantung
Kacang tanah memiliki kandungan lemak tak jenuh dan antioksidan yang dapat menurunkan resiko terserang penyakit jantung. Selain itu, mengkonsumsi kacang juga dapat menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik bagi kesehatan jantung. Dengan mengkonsumsi kacang sebanyak segenggam saja setiap 4x per minggu dapat membuat jantung sehat.


  • Mencegah Kanker
Kandungan fitosterol sejenis antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas akibat polusi yang dapat memicu tumbuhnya sel kanker atau tumor dalam tubuh. Kandungan antioksidan yang tinggi dapat ditemukan dalam jenis polong – polongan dan biji – bijian termasuk kacang.


  • Menurunkan Berat Badan
Bagi yang sedang menjalani program diet, sebaiknya masukan kacang tanah ke dalam daftar menu diet. Kacang tanah yang dikonsumsi kira – kira 2 kali dalam seminggu dapat membantu menurunkan berat badan. So, apa salahnya untuk mencoba kacang tanah sebagai menu diet. Namun tidak hanya kacang tanah, jenis polong – polongan dan biji – bijian juga dapat dimasukan dalam menu diet karena sarat akan serat dan rendah kalori.

Nah, demikian tadi manfaat kacang tanah untuk kesehatan. Jadi, kacang tanah selain dapat meningkat kan memori otak, juga dapat dijadikan menu diet. Alhasil berat badan akan menurun dan tubuh ideal serta proporsional akan didapatkan. 
Advertisement

Artikel Lainnya :-D