Manfaat Bumbu Ketumbar bagi Kesehatan

Manfaat Ketumbar bagi Kesehatan


Ketumbar, dari namanya saja pasti para ibu – ibu pasti tidak asing dengan sosok tanaman yang satu ini.  Apa lagi kalau bukan ketumbar atau nama latin nya  Corriandrum sativum. Ketumbar merupakan salah satu bumbu atau rempah - rempah yang sering digunakan ibu untuk memasak makanan, baik tradisional ataupun western. Tanaman ini berasal dari daratan Eropa bagian selatan dan kawasan laut kaspia.  Ketumbar memiliki aroma yang menyengat dan keras, sehingga tak khayal jika banyak orang yang bersin dibuatnya. Ketumbar memiliki bentuk yang kecil dengan diameter 1 sampai 2 cm dan biasanya di berjual belikan dalam bentuk bubuk atau utuh. Namun tidak hanya bijinya saja, daun kemiri yang mirip dengan seledri bisa kita jadikan taburan masakan dengan diiris tipis. 

Kandungan Nutrisi Ketumbar


Ketumbar memiliki beberapa kandungan gizi yang baik bagi tubuh, sehingga tidak hanya sebagai bumbu penyedap masakan, ketumbar juga dapat bermanfaat bagi kesehatan juga. Nah, berikut ini adalah tabel kandungan apa saja yang ada di dalam ketumbar. 


Kandungan
Jumlah/100 gr
Vitamin A
1570 IU
Vitamin B1
0,2 mg
Kalori
404 Kal
Protein
14,1 gr
Karbohidrat
54,2 gr
Lemak
16,1 gr
Fosfor
370 mg
Zat Besi
18 mg
Kalsium
630 mg



Khasiat Ketumbar untuk Obat Herbal Alami

Dengan kandungan gizi pada tabel diatas dapat mengobati beberapa penyakit.  Berikut ini beberapa penyakit yang dapat diobati dengan ketumbar. 



Bumbu Ketumbar
  • Menurunkan Kolesterol Jahat 

Kandungan beberapa jenis senyawa asam yang ada pada ketumbar, seperti asam oleat, linoleat, palmitat, stearat dan askorbat diketahui ampuh dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah.


  • Melancarkan Pencernaan

Ketumbar memiliki kandungan minyak esensial di dalamnya yang bisa membantu melancarkan proses pencernaan. 


  • Mengatasi Bengkak

Di dalam ketumbar juga terdapat cineole, zat ini merupakan salah satu komponen asam linoleat yang memiliki manfaat sebagai anti-artritis dan anti rematik. 


  • Mengatasi Diare

Diare biasa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah bakteri dari makanan yang kita makan atau lingkungan. Kandungan cinoel, alpha pinene, limonene dan beta phelandrene pada ketumbar mempunyai manfaat sebagai antibakteri, sehingga dapat mengatasi diare yang disebabkan oleh aktivitas bakteri merugikan


  • Mencegah Diabetes

Adanya efek stimulan dari cumin di kelenjar endokrin dapat meningkatkan sekresi yang berasal dari pankreas, sehingga gula dapat diubah menjadi glikogen yang bermanfaat menurunkan kadar gula dalam darah dan mencegah penyakit diabetes. 



Nah, demikian tadi manfaat dai ketumbar bagi kesebatan. So, ketumbar merupakan bumbu masakan yang tidak selamanya digunakan sebagai penyedap masakan saja, namun juga bermanfaat bagi kesehatan juga.


Advertisement

Artikel Lainnya :-D