Manfaat Bawang Putih Lanang atau Tunggal / Kating untuk Kesehatan

Manfaat Bawang Putih Lanang

Bawang putih yang mempunyai nama latin Allium Sativum adalah tanaman yang digolongkan menjadi jenis tanaman herbal. Tanaman bawang putih hidup berumpun dengan memiliki ketinggian 60 cm dan memiliki batang semu berwarna hijau. Bawang putih banyak dimanfaatkan sebagai bumbu pelengkap makanan, kemudian juga telah dikenal sebagai salah satu obat herbal untuk kesehatan.

Bawang Putih Lanang/Kating adalah bawang putih tunggal  yang lebih berkhasiat untuk kesehatan apabila dibandingkan dengan bawang putih biasa. Baik bawang putih kating maupun biasa sama-sama mengandung minyak atsiri yang memiliki sifat antiseptik dan antibakteri. Terdapat pula kandungan allicin dan aliin yang berkaitan sebagai anti kolesterol dan mencegah penyakit jantung koroner.

Khasiat Bawang Putih Tunggal / Kating bagi Tubuh


Pada kesempatan kali ini, penulis akan menjelaskan mengenai mafaat bawang putih lanang/kating untuk kesehatan.

1. Mengobati Flu dan Batuk

Manfaat Bawang Putih LanangBawang putih lanang mempunyai kandungan sulfur yang mampu menciptakan rasa dan bau yang khas. Hal tersebut berguna untuk meningkatkan mempercepat membran mocus pada saluran pernafasan yang bertujuan untuk melegakan pemampetan dan merangsang keluarnya lendir atau ingus. Selain itu, juga mengandung phytochemical yang berperan untuk membunuh bakteri dan virus penyebab penyakit salah satunya adalah virus yang menyebabkan penyakit flu dan batuk.

2. Mencegah Terjadinya Penyakit Kanker

Kandungan organosulfida yang berada didalamnya dapat berperan untuk membantu organ hati dalam memperoses senyawa kimia beracun, termasuk senyawa kimia yang menyebabkan pertumbuhan sel kanker. Beberapa penelitian epidemiologis sudah menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi bawang putih lebih rendah beresiko terkena penyakit kanker.

3. Mengontrol Gejala Diabetes

Mengonsumsi bawang putih secara bijak dalam diet merupakan salah satu cara untuk mendapatkan manfaat maksimal dari berbagai kandungan makanan yang telah dikonsumsi dengan cara membuat kondisi tubuh menjadi lebih baik. Hal itu disebabkan penderita gejala diabetes cenderung akan lebih kekurangan zat insulin di dalam tubuh akibat kelebihan kadar gula.

4. Menurunkan Kolesterol

Bawang putih lanang memiliki kandungan antikolesterol yang paling ampuh, yaitu senyawa ajone. Senyawa ajone adalah senyawa antikolesterol yang berfungsi untuk mencegah terjadinya pengumpalan darah di dalam tubuh akibat penumpukan kolesterol.

Bawang putih lanang/ kating adalah salah satu jenis bahan masakan yang sudah banyak ditemukan di pasaran. Harga bawang putih lanang dengan biasa memiliki perbedaan kisaran harga, karena harga bawang putih lanang lebih mahal jika dibandingankan dengan yang biasa. Hal itu disebabkan, itu karena bumbu yang satu ini mempunyai aroma yang khas dan lebih sedap untuk bumbu masakan serta mempunyai manfaat untuk kesehatan tubuh seperti yang telah dijelaskan oleh penulis.
Advertisement

Artikel Lainnya :-D