Khasiat Madu Lebah Asli untuk Kecantikan dan Kesehatan

Khasiat Madu Lebah Asli untuk Kecantikan Kulit & Kesehatan Tubuh serta Mengobati Penyakit


Madu merupakan makanan yang sudah sejak ribuan tahun lalu dikenal khasiatnya bagi manusia, salah satunya bagi kesehatan. Sebelum ditemukannya antibiotik, banyak orang yang menggunakan madu sebagai obat anti biotik untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Namun, seiring berkembangnya jaman, posisi madu sebagai obat kian tersisih dengan maraknya pengobatan modern yang lebih menggunakan bahan kimia. 


Di era modernisasi seperti saat ini, back to nature kembali digalakkan oleh kebanyakan orang, karena bahan alami tidak memiliki efek samping yang berbahaya bagi kesehatan. Sehingga, madu sekarang ini sudah mulai banyak digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.


Kandungan Nutrisi Madu 


Madu memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang baik bagi tubuh, seperti energi, vitamin, glukosa, lemak, protein, serat, mineral dan kandungan lainnya di dalamnya. Perhatikan tabel berikut ini!


Kandungan
Jumlah/100 gram
Energi
304 Kal
Karbohidrat
82.4 gram
Protein
0,3 gram
Glukosa
82.12 gram
Serat
0.2 gram
Lemak
0 gram
Protein
0.3 gram
Air
17.10 gram
Vitamin B2
0.038 mg
Vitamin B3
0.121 mg
Vitamin B5
0.068 mg
Vitamin B6
0.024 mg
Vitamin B9
2 mg
Vitamin C
0.5 mg
Kalsium
6 mg
Potasium
52 mg
Magnesium
2 mg
Fosfor
4 mg
Sodium
4 mg
Zinc
0.22 mg
Zat Besi
0.42 mg




Manfaat Konsumsi & Oleskan Madu Tawon Asli bagi Kesehatan & Kecantikan Kulit


Dari kandungan tersebut, madu memiliki manfaat yang begitu banyak bagi kesehatan. Seperti mengobati luka, anti kanker, menghaluskan kulit dan masih banyak lagi yang lain.


Khasiat Madu Lebah Asli untuk Kecantikan

  • Mengobati Luka

Madu sejak jaman dahulu sudah digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan luka, luka karena senjata tajam atau luka borok. Madu memiliki kandungan oksidasi glukosa, gabungan dari enzim dan glukosa. Dalam keadaan yang tepat, kandungan tersebut dapat memecah glukosa menjadi hidrogen peroksida. Zat tersebut berguna sebagai antiseptik alami yang mampu menyembuhkan luka. 

Jadi, madu dengan kulit manusia serta cairan tubuh seperti darah dapat bereaksi dengan madu. Sebab memiliki kandungan natrium dan PH sekitar 5,5 - 8,0, sehingga dapat melakukan reaksi yang menghasilkan hidrogen peroksida untuk menyembuhkan luka. Selain itu, madu juga dapat mengobati dan menyembuhkan luka bakar dengan cepat karena merangsang tumbuhnya sel jaringan baru.


  • Menghaluskan Kulit

Madu dapat menghaluskan kulit, mencegah penuaan dini, membuat kulit semakin elastis dan menyeimbangkan minyak. Asam organik dan asam glukonat ringan yang ada dalam madu bisa melonggarkan sel kulit mati, sehingga proses regenerasi sel menjadi cepat. Mengganti sel kulit yang telah mati dengan sel kulit baru. Selain itu, madu juga dapa membuat kulit tetap lembab karena adanya kandungan asam amino dan glukosa dalam madu


  • Mengandung Antioksidan Tinggi

Madu tinggi akan kandungan antioksidan di dalamnya, jadi mampu melawan radikal bebas akibat polusi. Pinocembrin merupakan jenis antioksidan yang hanya ditemukan pada madu, antioksidan inilah yang membuat tubuh tetap sehat, terhindar dari penuaan dini dan mencegah tumbuhnya sel kanker atau tumor dalam tubuh.


  • Mencegah Diabetes dan Kolesterol

Madu merupakan makanan yang memiliki rasa manis tiada tara dan alami, walaupun demikian madu mempunyai indeks glikemik yang rendah. Sebab mudah diserap secara berkala dalam aliran darah, sehingga aman bagi penderita diabetes. Selain itu, madu dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, karena adanya kandungan vitamin dan mineral alami di dalamnya.



  • Mengatasi Penyakit Pernafasan

Madu dapat mengatasi berbagai penyakit dalam sistem pernafasan, seperti asma, bronkitis kronis, alergi, sinusitis dan rinitis kronis. Selain itu, madu juga sangat efektif mencegah infeksi pernafasan, flu, dan pilek.

Demikian tadi beberapa macam khasiat madu bagi kesehatan. Jadi, madu sudah sejak dulu digunakan sebagai obat dan memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit. Perlu diketahui jika madu yang memiliki warna gelap cenderung tinggi akan kandungan nutrisi daripada yang memiliki warna terang. Alangkah baiknya jika mulai sekarang menggunakan madu sebagai pengganti gula yang manisnya alami dan kaya manfaat bagi tubuh, terutama bagi penderita diabetes.
Advertisement

Artikel Lainnya :-D