Cara Mengatasi Mual Berlebihan saat Hamil Muda

Cara Menghilangkan Mual Ingin Muntah untuk Ibu Hamil Muda

Selain masuk angin, rasa mual serasa ingin muntah biasanya dialami oleh wanitayang hamil muda dan lebih sering terjadi saat pagi atau bahasa kerennya Morning Sickness. Rasa mual ternyata tidak muncul pada pagi hari, namun setiap waktu. Agar terhindar atau mengatasi rasa mual terebut ada beberapa cara yang dapat dilakukan, seperti memahami penyebabnya. Namun, belum ada yang mengetahui secara pasti apa penyebab dari rasa mual tersebut.

Ada beberapa hal yang dapat mengakibatkan rasa mual itu muncul seperti adanya perubahan metabolisme, perubahan hormon, perubahan kadar gula darah, perubahan internal tubuh, stress, rasa khawatir, kecemasan dan emosional dalam diri sang calon ibu ketika hendak mengandung. Namun jangan khawatir dengan rasa mual yang dialami oleh calon ibu, ada beberapa tips untuk mengatasi rasa mual tersebut. Seperti berikut ini :


Tips Mengatasi Rasa Mual yang Berlebih Pada Masa Kehamilan / Ibu Hamil Muda

           
  • Penuhi Kebutuhan Gizi
Cara Mengatasi Mual Berlebihan saat Hamil Muda
Sumber Gambar:
https://pixabay.com/id/kehamilan-bayi-wanita-hamil-943202/
Pada saat mengalami mual, wanita hamil lebih sering enggan untuk makan. Padahal bagi wanita hamil kebutuhan akan asupan makanan bergizi tinggi dan menyehatkan calon ibu serta sang buah hati yang dikandung merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi. Supaya tidak mengganggu kesehatan serta pertumbuhan dan perkembangan bayi yang di kandung. Dengan pola makan yang teratur karena ketika perut kosong akan mengakibatkan rasa pusing dan berujung pada rasa mual. Selain itu, makan dalam porsi yang sedikit jangan terlalu banyak, sebab dapat mengakibatkan rasa begah.


  • Rajin Berolahraga
Olahraga juga dapat mengatasi rasa mual pada ibu hamil. Olahraga ringan menjadi salah satu pilihan bagi wanita yang baru pertama kali hamil, sebab olahraga berat dapat beresiko mengalami keguguran atau resiko lainnya yang membahayakan kesehatan ibu hamil atau janin. Jalan – jalan di taman bersama suami tercinta atau yoga dan meditasi merupakan olahraga yang dapat menjadi pilihan. Sebab dengan berjalan – jalan bersama suami dapat mempererat jalinan kasih antara calon kedua oran tua, sedangkan yoga dan meditasi  dapat menenangkan pikiran dan membantu melancarkan proses persalinan.


  • Hindari Makanan Kemasan
Makanan kemasan atau siap saji merupakan yang dapat mengakibatkan rasa mual menjadi lebih parah. Sebab, dengan adanya kandungan bahan pengawet, zat aditif dan zat kimia di dalamnya dapat meningkatkan mual pada ibu hamil dan juga membahayakan kesehatan janin. Hindari makanan kemasan atau makan cepat seperti mie instan, makanan terlalu pedas, kopi karena mengandung kafein, makanan berat dan makanan yang menggunakan krim sebagai toping atau bahan dasarnya sebab dapat meningkatkan resiko obesitas serta hindari juga keju lunak yang tidak baik bagi kehamilan. Selain itu, bagi yang memiliki alergi terhadap makanan disarankan untuk menghindari makanan yang mengakibatkan alergi.

Oleh karena itu, sebaiknya buatlah makanan sendiri yang lebih aman dan terjamin kandungan gizinya. Hindari pula makanan yang berlebih dan memasak sayuran jangan terlalu lama karena dapat mengurangi kandungan gizi, bahkan dapat juga berubah menjadi racun bagi tubuh. Salad merupakan salah satu contoh makanan yang kaya gizi karena masih dalam kondisi yang fresh tanpa dimasak. Untuk minumannya, bisa membuat lemon tea atau teh jahe dan teh jahe.


  • Membuat Minuman Penghilang Mual
Minuman yang dibuat sendiri juga dapat menghilangkan rasa mual. Seperti lemon tea, teh jahe, teh manis, jus buah, dan bisa juga air es dingin. Namun, untuk air es alangkah baiknya untuk dihindari saat hamil, sebab tidak adanya kandungan gizi yang menyehatkan. Lebih baik minum air mineral secara rutin minimal 8 gelas per hari agar terhindar dari dehidrasi.

Nah, itulah beberapa tips mengatasi rasa mual saat hamil muda yang dapat dicoba di rumah. Jadi, alangkah baiknya jika kehamilan pertama pada usia muda untuk lebih berhati – hati dalam merawat janin yang dikandung supaya terhindar dari hal – hal yang tidak diinginkan. Selain itu, menikmati kehamilan dan tetap selalu tenang serta rileks akan membuat lebih nyaman menghadapi masa kehamilan. Yang paling penting jangan lupa untuk selalu memeriksakan kondisi kehamilan kepada bidan atau dokter kandungan tepercaya yang lebih tahu mengenai kehamilan muda dan cara mengatasi rasa mual. 
Advertisement

Artikel Lainnya :-D