Cara Mengatasi Mata Lelah Akibat Terlalu Lama Didepan Komputer

Cara Mengatasi Mata Lelah 

Di era globalisasi yang semakin maju dengan teknologi ini membuat semua pekerjaan mudah untuk dilakukan. Contohnya bekerja dengan menggunakan komputer atau laptop untuk mengetik, mengirim surat dan melakukan komunikasi dengan pelanggan atau rekan kerja. Itulah beberapa kemudahan dan manfaat dari kecanggihan teknologi saat ini. Namun, dampak negatif bagi kesehatan saat menggunakan komputer atau laptop menjadi sebuah resiko. Contohnya mata lelah, merah dan gatal ketika sering serta lama berhadapan dengan layar komputer.

Mata lelah, merah dan gatal dapat terjadi karena resolusi layar serta radiasi dari layar komputer atau laptop yang digunakan. Untuk itu, berikut ini ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengatasi mata lelah, merah dan gatal karena layar komputer.


Tips Mengatasi Mata Lelah Karena Lama Menggunakan Komputer atau Laptop

Bahaya Mengatasi Mata Lelah Akibat Terlalu Lama di Depan Komputer
Image Source: pixabay.com
  • Sering Mengedipkan Mata
Mata menjadi lelah, merah dan gatal bisa terjadi karena mata menjadi kering. Oleh karena itu, sering mengedipkan mata dapat membuat mata menjadi lembab dan terhindar dari beberapa gangguan tersebut.

  • Air Daun Sirih
Selain dengan menggunakan obat tetes mata, alangkah lebih baik menggunakan bahan alami yang tidak memiliki efek samping. Caranya dapat menggunakan air daun sirih. Cara membuatnya, pertama ambil 3 lembar daun sirih segar, kemudian cuci bersih. Siapkan juga wadah berupa piring atau wadah yang muat untuk mencelupkan muka, lalu beri air panas. Masukan daun sirih dan biarkan sampai agak dingin, kemudian rendam mata atau gunakan air tersebut untuk mengkubangkan mata dan kedip – kedipkan dalam air tersebut. Cara ini dapat membuat mata segar kembali.

  • Sesuaikan Pencahayaan Layar Komputer
Sesuaikan kontras dan brightness pada layar komputer atau laptop dengan kekuatan mata. Sebab dengan pencahayaan yang begitu terang dapat membuat mata menjadi silau dan mudah lelah, sehingga berdampak bagi kesehatan mata. Untuk itu atur pencahayaan agak redup namun masih jelas di mata, sehingga terhindar dari mata lelah, merah dan gatal.

  • Mengistirahatkan Mata
Tidak hanya badan yang butuh istirahat, namun mata juga perlu beristirahat. Ketika mata diistirahatkan akan membuat kembali segar, bisa juga dengan cara memandangi tumbuhan hijau. Sebab tumbuhan dengan warna hijau dapat menyegarkan mata. Selain itu bisa juga melakukan senam mata.

Nah, demikian tadi beberapa tips mengatasi mata lelah, merah, gatal karena layar komputer dan laptop yang dapat dicoba di rumah. Semoga bermanfaat!
Advertisement

Artikel Lainnya :-D