Manfaat Jamur Kuping Hitam / Putih bagi Kesehatan

Manfaat Jamur Kuping

Jamur kuping, mungkin nama jamur yang tidak asing di telinga kita. Jamur jenis ini merupakan jenis yang berbentuk seperti telinga, sehingga dinamakan jamur kuping. Jamur kuping merupakan jenis jamur yang dapat dimakan dan tidak beracun. Jamur yang dapat kita temukan di daerah pedesaan ini hidup diatas kayu yang telah mati atau lapuk. Jamur ini berwarna coklat agak putih dan kenyal saat kita pegang.

Jamur kuping sejak dulu telah dipergunakan sebagai obat herbal tradisonal di daratan China untuk menyembuhkan beberapa macam penyakit. Hal tersebut dikarenakan kandungan gizi  yang terdapat pada jamur kuping. Nah, pastinya Anda ingin mengetahui manfaat  apa saja yang dapat kita peroleh dari jamur kuping ini, simak ulasannya berikut ini!

PERHATIAN : Awas, jangan sampai salah membedakan antara jamur kuping yang bisa dikonsumsi dan yang beracun. Sebaiknya teliti dahulu sebelum membeli, apakah itu aman atau tidak.

Khasiat Jamur Kuping Putih atau Hitam untuk Kesehatan Tubuh

  • Kaya dengan Zat Gizi
Jamur kuping merupakan jamur yang memiliki kandungan gizi yang cukup banyak. Jamur ini memiliki kandungan vitamin B1, B2 dan D serta protein yang banyak.

  • Tinggi Akan Kalsium
Jamur KupingKandungan kalsium yang tinggi dapat Anda temukan pada jamur kuping. Katanya, kandungan kalsium tersebut 2 kali lebih tinggi dibandingkan kalsium yang ada dalam susu. Kandungan kalsium yang tinggi tersebut sangat berguna bagi kesehatan, terutama dalam proses pertumbuhan anak – anak. Kalsium diperlukan untuk kesehatan tulang dan gigi dan pembekuan darah.

  • Baik Bagi Kesehatan Paru – Paru
Jamur kuping memiliki kandungan zat yang bisa mengatasi kekeringan di paru – paru. Selain itu manfaat dari jamur kuping dapat meningkatkan sirkulasi, menyehatkan lambung dan hati.

  • Mencegah Anemia
Anemia merupakan penyakit akibat kekurangan zat besi. Jamur kuping merupakan tumbuhan yang memiliki kandungan zat besi yang tinggi dibanding sayuran lainnya. Dengan mengkonsumsi jamur kuping dalam porsi yang cukup dapat mengobati anemia yang Anda derita

  • Menurunkan Kadar Kolesterol
Untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah, Anda dapat menggunakan jamur kuping sebagai obat nya. Caranya, ambil jamur kuping secukupnya yang sudah dicuci bersih, kemudian rebus dengan api sedang selama 1 jam. Saring dan minum airnya selagi hangat.

  • Memberantas Racun Dalam Tubuh
Dengan adanya kandungan pektin di dalam jamur kuping berguna untuk menyerap debu pada paru – paru dan sistem pencernaan.

Nah, demikian tadi beberapa manfaat dari jamur kuping bagi kesehatan. Jadi, jamur kuping merupakan tumbuhan yang mungkin sebagian orang tidak mengetahuinya yang mempunyai manfaat bagi kesehatan. Thanks for reading!
Advertisement

Artikel Lainnya :-D