Khasiat Temu Kunci bagi Kesehatan Tubuh

Khasiat Temu Kunci untuk Kesehatan

Temu KunciBanyak sekali jenis temu – temuan yang dapat kita temui di Indonesia, salah satunya adalah temu kunci ini. Temu kunci atau nama keren nya Boesenbergiae rizoma merupakan salah satu tanaman yang tidak mempunyai batang. Temu kunci bisa tumbuh subur di daerah dengan iklim yang panas dengan tanahnya subur. Untuk menanam kunci ini dengan menggunakan bagian tunasnya.

Temu kunci sudah sejak dulu dikenal sebagai tanaman herbal yang dimanfaatkan untuk obat beberapa macam penyakit. Nah, untuk lebih jelasnya manfaat apa saja yang dapat kita dapatkan dari temu kunci, simak uraian berikut ini.

Manfaat Temu Kunci untuk Mengobati Penyakit


  • Mengobati Masuk Angin
Masuk angin biasanya disertai dengan perut kembung dan mual – mual. Masuk angin merupakan penyakit yang umum terjadi dan disebabkan oleh berbagai macam hal. Untuk mengobatinya Anda dapat menggunakan temu kunci. Caranya, ambil 15 gram temu kunci, lalu bersihkan, 2 ruas pulas ari dan adas. Tumbuk semua bahan tadi hingga halus, kemudian oleskan pada perut 2 kali sehari.

  • Mengobati Keputihan
Keputihan terjadi pada kaum hawa pada saat menjelang dan sesudah datang bulan yang disebabkan oleh kuman dan bakteri. Untuk mengobatinya Anda dapat menggunakan temu kunci sebanyak 10 gram, temu lawak dan kunyit sebanyak 5 gram serta sambiloto sebanyak 15 gram, lalu cuci hingga bersih. Rebus semua bahan tersebut menggunakan air 4 gelas hingga tersisa setengahnya. Saring dan minum air rebusan tersebut dua kali dalam sehari.

  • Mengobati Panas Dalam
Panas dalam merupakan jenis penyakit yang umum dialami oleh banyak orang. Masalah yang sering ditimbulkan karena panas dalam adalah sariawan, bibir pecah – pecah dan tenggorokan kering. Untuk mengobati panas dalam dapat menggunakan 10 gram temu kunci, 25 gram daun kumis kucing, 20 gram daun cocor bebek, lalu cuci sampai bersih. Semua bahan tadi direbus dengan air 800 cc hingga tersisa setengahnya. Saring dan minum selagi hangat dua kali sehari masing – masing 200 cc.


Nah, demikian tadi manfaat dari temu kunci bagi kesehatan. Jadi, temu kunci merupakan tanaman yang sudah lama di kenal oleh masyarakat sebagai tanaman herbal yang mampu mengobati beberapa jenis penyakit, salah satunya sebagai bahan pembuat jamu. Thanks for reading!
Advertisement

Artikel Lainnya :-D