Khasiat Bunga Kamboja bagi Kesehatan Tubuh

Khasiat Bunga Kamboja

Bunga Kamboja di Indonesia identik dengan pemakaman. Yaps, hal ini dikarenakan sering kita menjumpai bunga ini di area pemakaman umum, sehingga banyak orang yang beranggapan bunga Kamboja sebagai bunga kematian dan sukai oleh makhluk halus, seperti kuntilanak.  Seram juga ya? Lepas dari mitos itu semua, bunga Kamboja ternyata memiliki segudang manfaat. Selain sebagai tanaman hias, ternyata ada pula manfaat bunga kamboja untuk kesehatan. Namun, masih banyak orang yang belum mengetahui hal tersebut.

Khasiat Bunga Kamboja
Bunga Kamboja
Bunga Kamboja merupakan bunga yang lahir di benua Afrika dan Amerika tropik dengan nama latin Plumeria rubra L.cv. Acutifolia. Ada banyak jenis bunga Kamboja, salah satunya ada yang dibuat tanaman hias dan ada pula yang hidup liar di area pemakaman.  Untuk bunga Kamboja hias ada beragam warna dan bentuk yang biasa disebut dengan bonsai. Sedangkan Kamboja yang tumbuh di area pemakaman berwarna putih kekuning-kuningan di bagian tengah. Bunga jenis ini biasa digunakan oleh umat Hindu dan Buddha untuk persembahyangan. Selain itu, jika Anda pernah ke pulau dewata Bali, ada beberapa orang yang menyelipkan bunga ini di kuping mereka, so beautiful.


Manfaat Bunga Kamboja

Manfaat bunga Kamboja untuk kesehatan dan kecantikan dapat kita dapatkan dari kandungannya. Contohnya dapat menghaluskan kulit, mengobati bisul, kutil dan kapalan. Nah berikut ini beberapa penyakit yang dapat diatasi oleh bunga Kamboja dan cara mengobatinya.

  • Mengobati Bengkak
Jika Anda memiliki bagian tubuh yang bengkak selain bengkak karena lemak dapat diobati dengan menggunakan bunga Kamboja. Caranya, tumbuk kulit Kamboja satu sirap hingga halus. Kemudian rebus di dalam wadah cerek dengan air setengah wadah sampai mendidih. Rendamkan bagian tubuh yang bengkak di air rebusan ketika sudah hangat atau bisa juga digunakan sebagai kompres.

  • Menghaluskan Kulit
Kandungan vitamin E dan emolien yang tinggi di dalam bunga Kamboja dapat di jadikan ramuan pemercantik kulit Anda. Bunga Kamboja dapat memberikan manfaat melembutkan, melembabkan, dan menutrisi serta mengencangkan kulit.

  • Menghilangkan Tahi Lalat
Tahi lalat merupakan salah satu tanda lahir yang dapat membuat seseorang tampak lebih cantik atau bisa juga mengganggu penampilan. Namun, tahi lalat tersebut dapat dihilangkan. Caranya dengan memakai getah dari pohon Kamboja yang diambil dengan menggunakan kapas, kemudian tempelkan pada tahi lalat yang ingin Anda hilangkan. Lakukan cara tersebut secara rutin hingga tahi lalat tersebut hilang.

  • Mengobati Gonorrhea atau Kencing Bernanah
Cara membuat dengan mengambil akar pohon Kamboja satu saja, lalu cuci sampai bersih. Selanjutnya rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas saja. Saring dan minum air rebusan tadi satu kali dalam sehari.


  • Mengobati Sakit karena Gigi Berlubang
Gigi berlubang kerap terjadi yang diakibatkan oleh makanan yang kita konsumsi, seperti kopi, makanan yang manis – manis, dan merokok. Sehingga dapat menimbulkan gigi berlubang dan berujung pada sakit yang luar biasa karenanya. Oleh karena itu, menjaga kebersihan gigi dengan menggosok gigi dua kali sehari sangat penting untuk menegah gigi berlubang. Selain itu untuk mengatasi rasa sakit karena gigi berlubang, Anda dapat menggunakan getah Kamboja yang diambil dengan kapas, lalu letakkan kapas tadi pada gigi yang berlubang.


Jangan lewatkan: Manfaat Bunga Kamboja untuk Kesehatan

Nah, itu tadi manfaat dari bunga Kamboja bagi kesehatan. Jadi, tidak hanya sebagai tanaman hias atau sebagai alat persembahyangan umat Hindu-Buddha, bunga Kamboja dapat bermanfaat bagi kesehatan. Semoga bermanfaat dan thanks for reading!
Advertisement

Artikel Lainnya :-D