-->

Manfaat Mentega bagi Kesehatan Tubuh

Mentega merupakan produk olahan yang terbuat dari lemak susu  dan diproses dengan campuran air, susu dan garam. Secara keseluruhan tampilannya mentega dan margarin banyak mempunyai kesamaan. Namun mentega lebih banyak mengandung lemak alami dan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Manfaat mentega

Di dalam 100 gram mentega terdapat kandungan energi sebanyak 725 kkal, vitamin A sebanyak 3300 IU, zat besi sebanyak 1 mg, kalsium sebanyak 15 mg, karbohidrat sebanyak 1,4 gram dan lemak sebanyak 81,6 gram. Berkat semua kandungan nutrisi yang dimilikinya mentega mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

1.    Menangkal Radikal Bebas

Kandungan senyawa selenium, vitamin A, dan vitamin K di dalamnya mampu menangkal radikal bebas sehingga dapat mencegah terjadinya penyakit kanker.

2.    Menjaga Kesehatan Jantung

Selain berguna untuk menangkal radikal bebas, kandungan senyawa selenium, vitamin A dan vitamin K juga mempunyai kemampuan untuk menjaga kesehatan jantung.

3.    Mencegah Peningkatan Kadar Kolesterol

Kandungan senyawa lecithin di dalamnya mampu mencegah terjadinya peningkatan kadar kolesterol tinggi di dalam darah.

4.    Menjaga Kesehatan Tulang

Di dalam mentega terdapat kandungan mineral berupa fosfor dan kalsium yang berguna untuk menjaga kesehatan tulang, menguatkan tulang dan mampu mencegah pengeroposan tulang.

5.    Melancarkan Sistem Pencernaan

Kandungan iodium dan asam lemaknya mampu melancarkan dan melindungi sistem pencernaan dari infeksi saluran sehingga dapat membuat organ-orang pencernaan menjadi sehat.

Meskipun mentega mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, namun tetap tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi secara berlebihan karena di dalamnya mengandung lebih banyak lemak jenuh yaitu sekitar 66%. (Baca juga: Manfaat Abon bagi Kesehatan Tubuh)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel