Kandungan Gizi dan Manfaat Kuaci Biji Semangka

Semangka merupakan salah satu jenis buah yang banyak disukai oleh masyarakat karena memiliki rasa yang manis dan menyegarkan. Selain mempunyai banyak manfaat bagi tubuh, ternyata biji buah semangka yang diolah dan dikemas menjadi kuaci juga mempunyai banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Manfaat kuaci biji semangka

Di dalam 100 gram biji semangka terdapat sekitar 600 kalori yang setara dengan 10 potong roti, dan mempunyai kadar lemak sekitar 80% dari kebutuhan makanan sehari-sehari. Selain itu, terdapat pula kandungan protein utama yaitu lisin yang berguna untuk menjaga kesehatan tubuh. Jika ingin mengetahui informasi yang lebih jelas mengenai manfaat kuaci biji semangka bagi kesehatan tubuh, maka simaklah informasi di bawah ini :

1.    Melancarkan Sistem Pencernaan

Kandungan serat di dalamnya berguna untuk melancarkan sistem pencernaan, menyehatkan organ-organ pencernaan, melancarkan buang air besar dan mencegah terjadinya sembelit.

2.    Menjaga Kesehatan Jantung

Di dalam 100 gram biji semangka terdapat sekitar 139% magnesium yang bertanggung jawab untuk menjaga kesehatan jantung, menjaga fungsi jantung tetap normal, dan dapat menstabilkan tekanan darah.

3.    Meningkatkan Sistem Metabolisme

Kandungan ariginin dapat membantu proses peningkatan metabolisme tubuh sehingga menjadi tetap stabil.

4.    Menjaga Kesehatan Tulang

Kandungan lisin di dalamnya mempunyai peranan penting untuk penyerapan kalsium dan pembentukan jaringan ikan sehingga dapat menjaga kesehatan tulang dan menguatkan tulang.

5.    Menjaga Kesehatan Kulit

Lisin juga mempunyai peranan penting untuk proses pembentukan kolagen di dalam tubuh sehingga mampu menjaga kesehatan kulit dan terhindar dari masalah penuaan dini.

Kuaci biji semangka dapat dijadikan sebagai salah satu camilan yang menyehatkan karena dapat mencukupi kebutuhan nutrisi yang diperlukan dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh, sehingga dapat digunakan sebagai camilan diet sehat. (Baca juga: Manfaat Biji Selasih untuk Pengobatan Tradisional)

Advertisement

Artikel Lainnya :-D