Cara Membersihkan Paru-paru dari Asap Rokok

Mempunyai tubuh yang sehat dan bugar merupakan impian setiap orang, untuk mewujudkannya dapat dilakukan dengan menjalankan gaya hidup yang sehat. Namun, meskipun sudah menjalankan gaya hidup sehat bukan berarti dapat terbebas dari gangguan penyakit karena ada beberapa jenis penyakit yang dapat disebabkan oleh faktor lingkungan salah satunya adalah asap rokok. Jika asap rokok terhirup secara terus-menerus maka akan membahayakan kesehatan tubuh, terutama pada organ paru-paru. Untuk pencegahannya, sebaiknya ketahuilah cara untuk membersihkan paru-paru dari asap rokok.

Membersihkan paru-paru

1.    Kedelai

Kandungan flavonoid di dalam kedelai mempunyai sifat sebagai anti-peradangan pada paru-paru dan dapat melindungi paru-paru dari tembakau yang dapat menyebabkan penyakit kanker.

2.    Antioksidan

Sayuran dan buah-buahan seperti brokoli dan apel merupakan makanan yang kaya akan kandungan antioksidan. Antioksidan berfungsi untuk membantu memperbaiki dan melindungi paru-paru.

3.    Jeruk Nipis

Selain kedelai, mengkonsumsi air jeruk nipis mampu menurunkan kadar nikotin hingga 70,65%. Namun cara ini hanya berlaku apabila sudah benar-benar berhenti merokok.

4.    Memperbanyak Konsumsi Air Putih

Air akan membantu mengeluarkan racun dan nikotin yang terakumulasi di dalam tubuh dan paru-paru setelah bertahun-tahun menjadi perokok aktif maupun pasif.

5.    Tingkatkan kapasitas

Selain mengkonsumsi makanan dan minuman, cara membersihkan paru-paru dan meningkatkan kapasitasnya yaitu dengan memainkan instrumen seperti terompet, saksofon, peluit hingga recorder selama 10 hingga 15 menit setiap hari. Selain itu, bisa dilakukan dengan menarik nafas dan menghirup udara bersih sebanyak-banyaknya selama 2 hingga 3 detik dan keluarkan secara perlahan.

Mencegah lebih baik daripada mengobati, oleh karena itu sayangilah kesehatan tubuh dengan menjaga organ paru-paru dan organ-organ penting lainnya. (Baca juga: Pengobatan Tradisional Penyakit Paru-paru Basah)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D