Penyebab Munculnya Uban Di Usia Muda


Munculnya uban tidak hanya disebabkan oleh faktor usia saja karena faktanya banyak remaja yang sudah beruban. Masalah ini dapat menganggu penampilan, karena dapat mengurangi rasa percaya diri seseorang yang mengalaminya. Biasanya uban disembunyikan dengan cara mewarnai rambut, meskipun demikan hal tersebut bukan solusi untuk mengatasinya. Terlalu sering mewarnai rambut akan berdampak buruk pada kesehatannya. Sebenarnya, cara terbaik untuk mencegah tumbuhnya uban adalah dengan mengetahui penyebabnya.



1.     Diet yang Salah

Menjalankan program diet yang salah juga merupakan salah satu pemicu tumbuhnya uban karena akan mengakibatkan asupan nutrisi pada rambut menjadi tidak seimbang.

2.    Kekurangan Vitamin B12
Penyebab munculnya uban

Kandungan vitamin B12 berperan untuk menutrisi dan menjaga kesehatan rambut, sehingga tubuh yang kekurangan vitamin B12 merupakan salah satu penyebab munculnya uban pada usia muda. 

3.    Merokok

Penyebab selanjutnya adalah kebiasaan merokok, merokok dapat mempercepat proses penuaan yang akan terjadi di seluruh tubuh.

4.     Faktor Keturunan

Meskipun jarang terjadi, namun faktor keturunan juga merupakan penyebab munculnya uban di usia muda.

5.    Stres

Perasaan stres dapat memperlambat proses produksi melanosit pada folikel rambut sehingga dapat mengakibatkan munculnya uban di beberapa bagian rambut.

Setelah mengetahui penyebab munculnya uban di usia muda, sebaiknya hindari hal-hal tersebut untuk mencegah dan mengantisipasi munculnya uban sejak dini meskipun yang sulit dihindari adalah karena faktor keturunan. Tetap jaga kesehatan rambut, agar rambut menjadi kuat, sehat dan indah. (Baca Juga: Khasiat Daun Rambutan untuk Rambut Beruban)

Advertisement

Artikel Lainnya :-D