Kandungan Gizi Ikan Tongkol dan Manfaatnya

kandungan gizi ikan tongkol
Kehidupan manusia tentunya tidak bisa terlepas dengan kehidupan kulinernya, baik itu kuliner jajanan hingga menu makanan. Indonesia merupakan salah satu Negara yang memiliki kuliner yang khas dan lezat. Mengingat Indonesia memiliki perairan yang luas, hal itu membuat banyak kuliner nikmat yang berasal dari olahan ikan, salah satunya adalah ikan tongkol.

Ikan tongkol memiliki daging yang gurih dan nikmat, hal itu yang membuat ikan tongkol mudah diolah menjadi berbagai makanan lezat. Selain itu, ikan tongkol mempunyai kandungan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Di dalam ikan tongkol terdapat kandungan protein, vitamin A, vitamin E, dan kandungan mineral yang terdiri dari  kalsium, fosfor  serta magnesium. Ikan tongkol juga memiliki kandungan omega-3 yang bermanfaat untuk proses pencernaan dan perkembangan sel-sel di dalam otak.

Ikan tongkol merupakan salah satu ikan yang mempunyai manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini akan dijelaskan mengenai manfaat baik dari ikan tongkol :

1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kandungan omega-3 di dalam ikan tongkol berperan untuk mengurangi penumpukan kadar kolesterol di dalam tubuh.

2. Mengatasi  Anemia

Kandungan alami dalam ikan tongkol sangat baik untuk merangsang pembentukan sel darah merah. Anemia bisa diatasi dengan merebus ikan tongkol, dan dimakan dengan mengkonsumsi kuahnya sekaligus. Jika melalui proses pengorengan, beberapa jenis protein di dalamnya mudah hilang.

3. Mengobati Linu Tulang

Mengkonsumsi ikan tongkol segar dengan porsi cukup sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang dan mengatasi  linu tulang. Hal itu dikarenakan ikan tongkol mempunyai kandungan kalsium, fosfor dan magnesium yang sangat baik untuk nutrisi tulang.

4. Mengatasi Kulit Kusam

Ikan tongkol juga bermanfaat untuk mengatasi masalah kulit pada bagian tertentu seperti betis, lutut, lengan, dan siku yang sering terasa kasar dan kusam. Kandungan vitamin  A dan vitamin E di dalam ikan tongkol bermanfaat untuk menghaluskan serta mencerahkan kulit.

5. Mencegah Ejakulasi Dini

Jika hubungan pasutri sedang menurun karena disebabkan oleh berbagai faktor.  Mengkonsumsi ikan tongkol dapat membantu supaya terhindar dari ejakulasi dini dan bisa tahan lama.

Kandungan gizi dan manfaat ikan tongkol bisa didapatkan secara maksimal, apabila mengkonsumsinya secara bijaksana dalam porsi secukupnya. Selain itu, juga diperlukan mengetahui cara memilih, menyimpan dan mengolah ikan tongkol dengan benar supaya kandungan gizi di dalamnya tidak hilang. (Baca Juga: Manfaat Ikan Tuna untuk Kesehatan )
Advertisement

Artikel Lainnya :-D