Cara Mengatasi Rasa Nyeri Pasca Operasi


Rasa nyeri pasca operasi merupakan hal yang normal dan umum terjadi, namun kondisi ini akan memburuk apabila disertai dengan gejala lainnya. Penyayatan pada kulit akan merasang syaraf untuk menghantarkan rasa nyeri ke otak.

Lamanya nyeri pasca operasi tergantung dari beberapa faktor seperti kesehatan dan kebiasaan orang yang mengalaminya seperti kebiasaan merokok, mengkonsumsi alkohol dan lain sebagainya.  Oleh karena itu pasien harus terus mengungkapkan segala sesuatu yang dirasakan ketika tentang rasa nyeri pasca operasi.

mengatasi nyeri pasca operasi
Ada beberapa yang mungkin akan ditanyakan oleh dokter untuk menilai kualitas nyeri yang dialami, seperti jenis rasa nyeri apakah terasa menusuk, tajam atau tumpul, lokasi dimana rasa nyeri muncul, durasi berapa lama rasa nyeri berlangsung, skala, radius pergerakan nyeri dan hal-hal lainnya uang membuat rasa nyeri menjadi bertambah atau berkurang.

Segera hubungi dokter jika mengalami salah satu gejala berikut :

·         Demam
·         Mual, muntah atau mengalami keduanya
·         Diare
·         Sembelit
·         Keluar nanah atau cairan lain dari luka
·         Terjadi bengkak dan kemerahan pada luka bekas operasi
·         Sesak nafas
·         Pendarahan
·         Nyeri yang tidak berkurang atau bahkan semakin meningkat setelah mengkonsumsi obat yang diresepkan dokter
·         Nyeri pada bagian dada

Namun, ada banyak orang yang tidak mau mengkonsumsi obat anti nyeri yang diresepkan oleh dokter dengan alasan takut ketagihan. Sebenarnya ketagihan obat anti nyeri sangat jarang terjadi, bahkan terkadang tidak menggunakan obat anti nyeri yang membahayakan kondisi tubuh pasca operasi. Terkadang nyeri membuat seseorang untuk mengambil napas dan sulit untuk melakukan pekerjaan sehari-hari. Oleh karena itu pasien yang setelah operasi dianjurkan untuk mengkonsumsi obat anti nyeri.

Selain itu, juga ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi nyeri pasca operasi seperti beristirahat, menjaga luka tetap bersih dan kering,  kompres dengan air dingin pada 1-2 hari pertama, kompres dengan air hangat setelah 2 harus namun harus dengan persetujuan dokter, dan konsumsi makanan yang dianjurkan untuk mempercepat proses penyembuhan.

Rasa nyeri pasca operasi sangat normal terjadi sehingga tidak ada metode khusus untuk mencegahnya. Namun, ada cara lain untuk mengurangi rasa nyeri yaitu dengan menaati perintah dokter. (Baca Juga: Cara Mudah dan Alami Mengatasi Diare)

Advertisement

Artikel Lainnya :-D