Cara Mengobati Gatal di Selangkangan Pria & Wanita secara Tradisional

Gatal – gatal pada kulit biasa disebabkan oleh kurang menjaga kebersihan badan atau jarang mandi, sehingga membuat kuman, virus dan bakteri dapat mudah menempel pada kulit. Yang paling sering mengalami gatal sehingga menimbulkan luka adalah bagian selangkangan. Kenapa bagian selangkangan tubuh mudah mengalami gatal – gatal?

Cara mengobati gatal di selangkangan pria & wanita secara alami
Image Source: pixabay.com
Selangkangan atau bagian lipatan merupakan bagian yang mudah sekali ditumbuhi jamur dan kuman, sehingga mudah tumbuh dan berkembang karena kondisinya yang lembab. Seperti di bagian lipatan paha, lipatan tangan, leher, dan jari kaki atau tangan. Bagian  - bagian inilah yang dengan mudah ditumbuhi jamur, bisa lewat debu, air atau lainnya. Gatal pada selangkangan bisa juga terjadi karena alergi terhadap makanan, seperti udang, kepiting, ikan tongkol, ikan asin, telur dan lainnya.

Untuk mengatasi gatal pada selangkangan dapat melakukan beberapa tips berikut ini.


Tips Mengatasi Gatal pada Selangkangan dengan Obat Tradisional

  • Daun Sirih
Daun sirih juga sudah banyak dikenal dan digunakan untuk mengatasi jamur atau gatal pada area selangkangan, terutama untuk masalah keputihan pada wanita. Cara menggunakan daun sirih dapat menggosokkan ekstrak daun sirih berupa minyak sirih pada kulit yang gatal.
  • Asam Gendis dan Asam Gelugur
Obat salep anti jamur lebih sering digunakan untuk mengatasi gatal pada selangkangan karena jamur. Obat ini dapat mudah untuk didapatkan di apotek terdekat. Namun, apabila yang tidak suka menggunakan obat kimia bisa menggunakan bahan alami dari alam seperti asam gendis dan asam gelugur. Kedua asam ini dapat membunuh jamur dan mencegah tumbuhnya jamur pada area yang lembab seperti selangkangan.
  • Sabun Antiseptik
Mandi memang sangat diperlukan, selain dapat membuat tubuh segar juga dapat membersihkan kulit dari debu atau kotoran yang menempel. Selain itu, gunakan sabun antiseptik saat mandi minimal sehari 2 kali untuk membunuh bakteri dan jamur penyebab gatal pada selangkangan.
Sistem kekebalan tubuh yang menurun juga dapat mempengaruhi rasa gatal pada selangkangan. Oleh karena itu, mengkonsumsi makanan sehat dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga terhindar dari penyakit sistem  imun dan gatal – gatal. Selain itu, hindari makanan yang memicu timbulnya alergi pada kulit dan juga dapat memperparah gatal – gatal pada selangkangan juga.
  • Hindari Penggunaan Celana Ketat
Jeans, celana pensil, atau celana ketat sekarang sudah menjadi tren di kalangan anak muda. Namun, tahukah jika penggunaan celana ketat dapat memperburuk gatal – gatal pada selangkangan. Sebab pemakaian celana ketat dapat bergesekan langsung dengan kulit dan memperbanyak keringat, sehingga membuat kulit lembab serta semakin gatal. Untuk itu hindari penggunaan celana ketat yang dapat memperburuk rasa gatal pada selangkangan.
  • Perhatikan Kebersihan Pakaian
Pakaian yang bersih selain nyaman untuk dipakai juga tidak dapat menimbulkan berbagai masalah pada tubuh, terutama kulit yang bersentuhan langsung. Untuk itu, selalu gunakan pakaian yang bersih. Selain itu, apabila pakaian dalam keadaan basah dan lembab karena keringat atau air  segera ganti dengan pakaian yang kering, sehingga tidak ditumbuhi jamur dan kuman penyebab gatal.

Nah, itulah tadi tips mengatasi rasa gatal di selangkangan. Semoga bermanfaat dan dapat dijadikan referensi untuk mengatasi masalah gatal – gatal pada selangkangan. Baca juga: Tips Mengobati Gatal pada Kemaluan
Advertisement

Artikel Lainnya :-D