Tips Cara Mengatasi Alergi Secara Tradisional

Cara Menghilangkan Alergi Secara Alami

Beberapa orang memiliki alergi, baik itu alergi terhadap benda, hewan atau makanan. Sehingga dibutuhkan beberapa cara untuk mengatasi alergi tersebut. Nah, kali ini ada beberapa tips untuk mengatasi alergi dengan cara alami. Berikut penjelasannya!


Tips Alami Mengobati Alergi dengan Obat Alami / Tradisional


Tips cara mengatasi alergi secara tradisional
 Image Source: pixabay.com
  • Ketahui Penyebabnya
Cara ini memang sangat sederhana, namun tanpa mengetahui penyebab terjadinya alergi tersebut maka bagaimana cara untuk mengatasinya. Selain itu, dengan melakukan tes alergi juga dapat membantu mengetahui penyebab dari alergi yang muncul.


  • Memperhatikan Sirkulasi Udara
Menjaga sirkulasi udara dari penyebab alergi, seperti debu yang dapat meringankan rasa sensitif hidung terhadap penyebab alergi. Menutup seluruh ruangan dan selalu menjaga kebersihan ruang rumah dari debu merupakan cara yang efektif untuk meringankan alergi tersebut. Selain itu, jangan lupa untuk mengenakan masker saat berada di luar ruangan.


  • Meningkatkan Asupan Vitamin D
Banyak penelitian yang menyatakan, apabila seseorang kekurangan vitamin D dalam tubuhnya maka akan rentan mengalami alergi atau bisa juga mengakibatkan alergi tersebut tambah buruk. Jika sudah mempunyai alergi, penuhilah asupan vitamin D dengan mengkonsumsi makanan, seperti ikan tuna, ikan salmon atau bisa juga mengkonsumsi suplemen. Namun, sinar matahari pagi hari juga menyediakan kebutuhan vitamin D free. 

Cara mendapatkannya cukup mudah, hanya dengan berjemur atau berolahraga di pagi hari, dari mulai munculnya sinar matahari hingga pukul 09.00 pagi. Nah, waktu inilah yang sangat baik bagi kesehatan dan kaya akan vitamin D. Tetapi perlu diperhatikan juga jangan terlalu lama berjemur atau terpapar sinar matahari, jika kulit sudah terasa hangat segera mengakhirinya.


  • Konsumsi Buah dan Sayur Segar
Menurut sebuah studi menyatakan jika anak – anak yang sering mengkonsumsi buah dan sayur segar akan relatif lebih sedikit mengalami alergi. Sedangkan bagi anak yang tidak sering bahkan tidak pernah mengkonsumsi buah dan sayur akan lebih sensitif kepada penyebab alergi.


  • Perbanyak Cairan
Apabila terjadi sesak akibat alergi debu atau sejenisnya yang membuat rasa sesak, segera minum air mineral dan mulailah perbanyak mengkonsumsi air mineral lebih banyak lagi. Fungsi dari air mineral tersebut adalah untuk mengencerkan lendir penyebab saluran pernafasan tersumbat, sehingga pernafasan kembali lancar.


  • Perhatikan Cara Membersihkan Ruangan yang Aman
Menjaga kebersihan tempat tinggal dan lingkungan sekitar merupakan hal yang dapat membantu seseorang terhindar dari alergi. Namun, kita harus mengetahui bagaimana cara membersihkan ruangan tersebut yang aman dan benar. Pertama, jangan terlalu sering menggunakan bahan kimia berat yang dapat memicu alergi dan memperburuknya. Kedua, alangkah baiknya jika menggunakan bahan – bahan yang aman seperti baking soda dan cuka. Ketiga, gunakan masker saat membersihkan debu dan kotoran yang ada di kursi atau sofa dengan vacuum cleaner, supaya debu tidak beterbangan ke mana – mana.


  • Hindari dan Berhenti Merokok
Merokok merupakan kebiasaan yang sangat merugikan tubuh, terutama masalah kesehatan. Asap rokok juga dapat membuat semakin buruknya alergi seseorang. Hindarilah asap rokok dan berhentilah untuk merokok. Selain itu, jenis asap lainnya seperti asap saat di dapur atau perapian.

Nah, itulah tadi tips mengatasi alergi secara alami. Jadi, alergi bisa saja dicegah dengan mengaplikasikan cara – cara diatas dalam kehidupan sehari – hari. Selain itu, olahraga secara teratur merupakan salah satu cara untuk menghilangkan alergi tersebut dan sekaligus membuat tubuh menjadi sehat.

Advertisement

Artikel Lainnya :-D