Tips & Cara agar Bangun Tidur Lebih Pagi

Cara Agar Cepat Bangun Tidur Lebih Pagi

Bangun lebih pagi, mungkin sulit bagi kebanyakan orang. Meskipun telah mengatur alarm pada jam yang telah ditentukan, sering kali melewati waktu yang telah ditentukan. Alhasil, terburu – buru dan grogi setelah bangun akan sering dialami, seperti takut telat berangkat kerja atau ke sekolah. Sehingga sering kali membuat seseorang mudah lupa dan tidak minat untuk sarapan. Banyak hal yang membuat seseorang bangun kesiangan, contohnya habis begadang, faktor kebiasaan bangun siang dan porsi tidur yang kurang.

Untuk itu, ubahlah kebiasaan pola hidup yang lebih baik, seperti tidur lebih awal dan jangan biasakan untuk begadang. Nah, berikut ada beberapa tips yang mungkin dapat membantu bangun lebih awal agar tidak telat lagi dalam melakukan aktivitas.


Tips Supaya Cepat Bangun Tidur Lebih Awal dan Semangat


  • Gunakan Alarm
Tips & cara agar bangun tidur lebih pagi
Image Source: pixabay.com
Meskipun cara ini kurang dapat membuat bangun lebih awal, tetapi dengan volume keras, jumlah alarm yang lebih dari satu dan lama alarm itu berbunyi, lalu meletakkannya jauh dari tempat tidur supaya kita bisa berdiri untuk mematikan alarm mungkin dapat membangunkan tidur saat itu juga. Saat alarm berbunyi berkali – kali dan keras, mau tidak mau kita akan merasa terganggu dan berusaha untuk mematikannya. Selanjutnya minum air mineral di meja yang sebelumnya sudah disiapkan terlebih dahulu sebelum tidur, agar tubuh menjadi segar dan rasa ngantuk menghilang. Namun, usaha ini akan menjadi sia – sia apabila setelah mematikan alarm kembali tidur lagi.


  • Buat Tidur Lebih Berkualitas
Untuk dapat bangun lebih pagi, tidur juga harus lebih awal. Namun, hal tersebut harus diimbangi dengan rasa nyaman saat tidur. Untuk mendapatkan rasa nyaman saat tidur, perhatikan posisi tidur yang baik yaitu miring ke kanan dan jangan tengkurap, usahakan pilih bantal yang empuk, nyaman dan tidak terlalu tinggi. Hindari kebiasaan tidur dengan menyalakan kipas angin atau AC yang dapat membuat suhu menjadi dingin, sehingga membuat bangun pada tengah malam.


  • Hindari Minuman Berkafein
Hindari mengkonsumsi kopi, cokelat dan red wine (sejenis minuman beralkohol) yang dapat mengganggu tidur. Akibat mengkonsumsi minuman ini adalah rasa tidak nyaman saat tidur yang disebabkan oleh perut yang merasa bergejolak pada malam hari dan ada rasa tidak enak pada perut.  Untuk itu, hindari mengkonsumsi tiga jenis makanan tersebut agar tidur menjadi nyenyak dan bangun lebih awal.


  • Buatlah jadwal sedikit demi sedikit
Ubahlah kebiasaan buruk bangun kesiangan dengan membuat jadwal setiap harinya dengan cara bangun lebih awal sedikit demi sedikit, misalnya lebih awal 5 menit per hari. Berusahalah untuk melakukan jadwal tersebut tepat pada waktunya, hingga lama – kelamaan akan terbiasa tanpa jadwal yang dibuat. Untuk hari libur bisa digunakan sebagai waktu untuk ngebo atau tidur sepuasnya, tapi alangkah baiknya dibuat untuk melakukan aktivitas seperti berolahraga atau liburan.


  • Pikirkan Resiko Telat Bangun
Sebelum bangun pikirkan resiko apabila bangun kesiangan, seperti telat ke sekolah sehingga dihukum oleh pak satpam atau bisa kehilangan pekerjaan hanya karena bangun kesiangan. Jadikan resiko tersebut sebagai pelajaran untuk tidak mengulangi kesalahan kembali di keesokan harinya lagi. Sebab, orang yang melakukan kesalahan sama sebanyak dua kali sudah dianggap sebagai orang yang kurang pintar karena masih belum bisa belajar dari kesalahan yang sama.

Nah, itulah tadi tips supaya bisa bangun lebih awal. Jadi, bangun lebih awal bisa dilakukan dengan merubah kebiasaan sehari – hari, seperti tidur lebih awal, hindari begadang dengan minuman berkafein, gunakan alarm dan bisa juga membuka gorden kamar supaya matahari pagi dapat masuk ke kamar sebagai cahaya alami namun efektif. Semoga bermanfaat!
Advertisement

Artikel Lainnya :-D