Manfaat Sayur Lobak bagi Kesehatan Tubuh

Khasiat Tanaman Lobak

Lobak merupakan jenis sayuran yang dimanfaatkan umbi akarnya dan mirip dengan wortel. Lobak memiliki bentuk yang lebih bulat, berwarna putih dan berdaun hijau. Lobak dapat tumbuh di daratan tinggi, selain itu lobak juga kaya dengan segudang manfaat bagi kesehatan. Biasanya lobak diolah menjadi sayur atau masakan lainnya dan rasanya pun lezat dan renyah. Tanaman ini mempunyai manfaat bagi kesehatan, nah apa saja manfaat lobak sebagai obat? Berikut ini ulasannya.

Manfaat Sayur Lobak Putih / Hijau bagi Kesehatan

Lobak Putih


  • Menjaga Kesehatan Jantung

Lobak mempunyai kandungan nutrisi yang dapat membuat jantung tetap sehat. Lobak hijau salah satunya, yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dan melancarkan proses pencernaan, sehingga kadar kolesterol jahat dapat berkurang. Selain itu, kandungan vitamin K pada lobak juga berguna sebagai anti-inflamasi. Dari kandungan tersebutlah lobak dapat menjaga jantung tetap sehat dan mencegah stroke.

  • Mencegah Kanker

Kandungan glucosinolates pada lobak bermanfaat untuk mencegah tumbuhnya sel kanker dan mengurangi resiko terkena kanker.  Senyawa tersebut termasuk senyawa kimia alami di dalam lobak, kemudian terpecah mejadi dua bagian. Keduanya saling bekerja sama memberantas sel penyebab tumor dan menghentikan pertumbuhan sel tersebut. Bagi orang yang rajin makan lobak dapat terhindar dari resiko penyakit kanker, terutama kanker payudara yang merupakan salah satu penyebab kematian wanita terbanyak di dunia.

  • Mencegah Osteoporosis

Pada usia lanjut kebutuhan nutrisi terhadap kesehatan tulang sangat diperlukan, apalagi pada usia tersebut lebih rentan terjadi pengeroposan tulang atau biasa dikenal dengan osteoporosis. Lobak memiliki kandungan kalsium dan kalium yang dibutuhkan oleh tulang agar tetap sehat dan terhindar dari pengeroposan tulang. Selain itu, kandungan kalsium dan kalium tersebut juga baik bagi anak – anak di usia pertumbuhan  tulang dan gigi, supaya tetap sehat serta kuat.

  • Tinggi Antioksidan

Seperti yang sering kita ketahui, antioksidan memiliki peranan penting untuk menjaga tubuh dari serangan radikal bebas akibat polusi. Antioksidan tersebut seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E dan mangan yang juga dapat mencegah terjadinya kerusakan pada DNA. Selain itu, kandungan antioksidan dalam lobak dapat meningkatkan sistem imun  bagi orang yang sering menderita flu dan asma.

  • Menghilangkan Bau Badan

Bau yang tidak sedap pada badan sering kali dialami oleh pria ataupun wanita. Untuk mengatasi bau tak sedap tersebut, bisa menggunakan lobak yang dibuat jus, sehingga bau badan tersebut dapat teratasi.


Demikianlah manfaat lobak bagi kesehatan. Jadi, lobak merupakan salah satu sayuran yang berbeda dengan wortel, namun tidak kalah manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita. 
Advertisement

Artikel Lainnya :-D