Manfaat Mengunyah Makanan Lebih Lama secara Perlahan

Manfaat Mengunyah Makanan Lebih Lama Perlahan-lahan Sampai Halus bagi Kesehatan

Makanan merupakan sumber tenaga bagi setiap makhluk hidup dimuka bumi ini, termasuk manusia. Mengunyah makanan merupakan hal yang wajib dilakukan saat makan. Namun, kebanyakan manusia mengunyah makanan dalam waktu yang singkat dan cepat. Padahal, hal tersebut kurang baik bagi kesehatan tubuh, terutama untuk organ pencernaan. Selain itu, mengunyah makanan secara perlahan dan dalam waktu yang lama, merupakan hal yang dianjurkan dan harus untuk di lakukan. Sehingga, banyak orang yang bertanya – tanya, kenapa mengunyah makanan harus lama? Nah, berikut penjelasannya.


Manfaat Mengunyah Makanan Secara Perlahan & Lebih Lama

Manfaat Mengunyah Makanan Perlahan-lahan Lebih Lama


  • Membantu Organ Pencernaan
Mengunyah makanan secara perlahan dapat membantu organ pencernaan agar tidak bekerja lebih berat saat mencerna makanan. Sebaiknya, kunyah makanan sampai halus baru ditelan. Hal tersebut bertujuan agar lambung tidak bekerja terlalu berat yang lama – kelamaan dapat menimbulkan gangguan pada organ pencernaan. Selain itu, makanan yang dikunyah sampai halus dapat dicerna dengan baik oleh organ pencernaan dan zat gizinya dapat dialirkan ke seluruh tubuh.

  • Mengurangi Stress
Menikmati makanan dan menyantap makanan penuh dengan perasaan dapat menenangkan pikiran dan terhindar dari stress. Dengan makanan yang di santap secara perlahan dapat membuat seseorang lebih menikmati makanan dan menjaga kesehatan mental.

  • Menurunkan Berat Badan
Dengan tidak terburu – buru mengunyah makanan dapat jadikan solusi untuk menurunkan berat badan. Sebab, dengan mengunyah makanan sampai halus dapat membuat seseorang mengkonsumsi kalori yang sedikit. Sehingga, mampu membuat tubuh menjadi awet ideal dan tetap terjaga bentuk tubuhnya. Selain itu, otak memiliki respon yang dapat memberikan informasi jika perut sudah kenyang.  Apabila terlalu cepat mengunyah makanan dan langsung menelannya dapat melewati waktu respon kenyang dari otak. Namun sebaliknya, apabila mengunyah makanan secara perlahan dan dalam waktu yang lama, respon perut kenyang dari otak dapat diterima dan tidak terlewat.

  • Terhindar Dari Rasa Rakus
Makan dengan emosional atau rakus dapat membuat berat badan bertambah dan berbahaya bagi kesehatan. Hal ini dikarenakan makanan yang kita konsumsi tidak terkunyah dengan lembut dan hanya membuat perut kenyang tidak sempurna. Sebaiknya, mengkonsumsi makanan dilakukan secara perlahan dan tanpa menyertakan emosinya.

Jadi, makanan merupakan hal yang terpenting bagi kesehatan tubuh. Sebaiknya, makan makanan yang bergizi dan kaya akan nutrisi serta saat makan kunyah makanan tersebut sampai halus dan secara perlahan supaya kita dapat menikmati manfaat dari makanan tersebut bagi tubuh. 
Advertisement

Artikel Lainnya :-D