Manfaat Makanan Sushi bagi Kesehatan

Manfaat Konsumsi Sushi Jepang

Sushi merupakan kuliner yang sangat populer di dunia. Makanan yang berasal dari negeri sakura, Jepang ini memiliki rasa lezat dalam bentuk yang sederhana. Sushi terdiri dari nasi dengan daging ikan mentah atau telur ikan segar dan ditambah nori, sejenis rumput laut di atasnya atau sebagai pembungkus. Sehingga tak khayal jika makanan ini disebut juga makanan yang menyehatkan.


Manfaat Makan Sushi untuk Kesehatan Tubuh


Kandungan bahan – bahan membuat untuk membuat sushi inilah yang memiliki kandungan gizi yang menyehatkan, seperti ikan, nori, nasi lengket dll. Berikut ini ada manfaat yang diperoleh ketika makan sushi bagi kesehatan.


Manfaat Makan Sushi
  • Kaya Kandungan Omega-3
Salah satu bahan utama pembuatan sushi adalah daging ikan dan jenis ikan yang dipakai yakni ikan tuna atau ikan salmon yang kaya akan kandungan omega-3. Ikan yang masih mentah dan segar, masih memiliki kandungan omega-3 yang sangat tinggi, sehingga dapat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat, menyehatkan otak, dan mencegah hipertensi.

  • Mencegah Hipertensi
Penggunaan cuka beras pada nasi dalam pembuatan sushi, bertujuan untuk memberi sedikit rasa asam pada nasi. Sehingga rasa dari daging ikannya dapat lebih terasa nikmat dan lezat. Manfaat dari cuka beras itu sendiri bagi kesehatan adalah sebagai antibakteri tinggi yang memiliki manfaat untuk mencegah terjadinya hipertensi atau tekanan darah tinggi.

  • Meningkatkan Sistem Kekebalan
Tidak hanya sushi itu sendiri, makanan pendamping sushi yang disebut gari memiliki manfaat dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga terhindar dari berbagai serangan penyakit sistem imun, seperti flu dan batuk. Gari merupakan acar yang berbahan dasar jahe.

  • Melancarkan Pencernaan
Kecap asin atau soyu memiliki manfaat untuk melancarkan pencernaan dan menjaga kesehatan lambung dari bakteri jahat. Sebab, soyu memiliki kandungan zat besi dan protein yang cukup tinggi. Jadi, lengkapi mengkonsumsi sushi dengan tidak lupa soyu sebagai pelengkap.

  • Meningkatkan Metabolisme
Sushi dapat meningkatkan metabolisme tubuh karena adanya nori sebagai pembungkusnya. Nori merupakan sejenis rumput laut yang berbentuk seperti kertas tipis. Selain itu, nori juga memiliki kandungan mineral, vitamin dan iodine yang bagi kesehatan tubuh.

  • Mengandung Zat Antibakteri
Wasabi merupakan bahan pembuatan sushi yang memiliki rasa pedas dan menambah cita rasa. Selain itu, wasabi juga bermanfaat membunuh kuman bakteri dalam tubuh dan tinggi kandungan vitamin C.

  • Mencegah Kanker
Minuman pelengkap sushi yang patut untuk tidak dipisahkan adalah ocha. Ocha merupakan minuman teh hijau khas Jepang yang tinggi kandungan antioksidan. Manfaat antioksidan itu sendiri adalah menangkal radikal bebas akibat polusi yang dapat memicu tumbuhnya sel kanker atau tumor dalam tubuh. Selain itu, ocha juga melancarkan pencernaan dan membunuh bakteri yang mengakibatkan keracunan makanan.

Nah, itulah tadi manfaat yang diperoleh saat mengkonsumsi sushi beserta pelengkapnya untuk kesehatan. Semoga bermanfaat!
Advertisement

Artikel Lainnya :-D