Manfaat Makan Acar bagi Kesehatan

Manfaat Konsumsi Acar untuk Tubuh

Acar merupakan makanan yang berasal dari berbagai macam sayuran dan buah yang dijadikan satu dan dimasukan ke dalam wadah plus cuka, lalu didiamkan selama beberapa waktu. Makanan ini sudah sejak lama dikenal 2400 SM di Mesopotamia. Acar memiliki rasa manis, pedas dan asam yang juga berkhasiat bagi kesehatan dan kecantikan. Wanita tercantik pada masa kerajaan Mesir, ratu Cleopatra juga mengkonsumsi acar yang bertujuan menjaga kecantikannya.

Membuat acar tidak lah sulit, cukup dengan memasukan potongan manga muda, wortel, mentimun segar dan jenis sayuran lainnya, sehingga membuat makanan ini mudah di buat serta mudah pula untuk menyebar di kawasan lainnya. Acar memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak, seperti vitamin, mineral dan nutrisi lainnya, tergantung dari bahan untuk membuat acar tersebut. Kandungan inilah yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Manfaat Acar: Mentimun, Bawang Putih & Merah, Wortel, Buah Zaitun, dan sebagainya.


Manfaat Acar Mentimun, Bawang Putih & Merah, Wortel, Buah Zaitun

  • Rendah Kalori

Bagi yang sedang menjalankan program diet atau penurunan berat badan, mengkonsumsi acara wajib hukumnya. Hal ini dikarenakan acar memiliki kandungan kalori yang rendah, terutama acar berbahan sayuran dan buah – buahan yang mempunyai rasa asam dan pedas. Untuk acar yang rasanya manis akan lebih banyak kandungan kalorinya, karena kandungan gula. Namun, kalori setiap  jenis acar tidaklah banyak, jadi aman untuk dikonsumsi bagi yang menjalankan program diet.

  • Melancarkan Pencernaan

Makanan yang direndam dengan larutan cuka, seperti acar dikenal memiliki kandungan anti mikroba dan juga dapat membunuh bakteri pada makanan selama diawetkan dengan larutan tersebut. Sehingga Acar dikenal juga dengan khasiatnya sebagai obat yang bisa menyembuhkan sakit perut dan membunuh kuman bakteri di dalamnya.

Manfaat dari peredaman dalam cuka itu sendiri adalah menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus, E. Coli dan Pseudomonas yang berada dalam perut dan makanan. Selain itu, terdapat juga kandungan kalium dalam acar yang berguna untuk mengurangi rasa kram pada perut akibat datang bulan.

  • Mencukupi Kebutuhan Elektrolit pada Wanita Hamil

Acar juga memiliki kandungan kalium dan natrium yang berguna untuk menyeimbangkan dan mencukupi kebutuhan elektrolit pada ibu hamil. Mengkonsumsi acar saat hamil dapat menambah jumlah cairan di dalam tubuh dan memenuhi kebutuhan elektrolit saat masa kehamilan.


Jadi, acar merupakan makanan yang praktis dan mudah untuk dibuat, namun kaya dengan kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan. 
Advertisement

Artikel Lainnya :-D