Manfaat Buah Juwet, Duwet, Jamblang untuk Kesehatan

Manfaat Buah Juwet / Duwet / Jamblang 


Buah juwet atau lebih dikenal dengan buah jamblang merupakan salah satu jenis tumbuhan dari suku Myrtaceae atau jambu – jambuan. Tumbuhan yang memiliki nama latin Syzygium cumini ini merupakan jenis jambu dengan buah yang unik berbentuk bulat lonjong sebesar ibu jari. Juwet memiliki rasa yang sangat asam dan berwarna hitam ke ungu – unguan serta bagian dalamnya berwarna merah muda. Ketika dimakan akan meninggalkan warna pada mulut dan bibir.  

Tanaman juwet berasal dari Asia dan Australia beriklim tropis, termasuk Indonesia. Tumbuhan ini dapat ditemukan di kebun, pekarangan rumah atau tumbuh liar di hutan. Juwet biasa berbuah pada akhir tahun atau ketika pergantian musim kemarau ke musim penghujan. Biasanya buah juwet banyak diburu oleh anak – anak ketika sepulang dari sekolah. Ada pula yang sampai berebutan gara – gara hanya ingin menikmati buah yang satu ini. Hal ini dapat terjadi mungkin karena rasanya yang enak atau bisa juga karena hanya satu kali dalam setahun baru berbuah. Namun, bisa juga karena kandungan nutrisi di dalam buah juwet yang memiliki manfaat bagi kesehatan. Seperti alkaloid, minyak atsiri, asam organik, fenol, asam elagat, triterpenoid dan tanin.

Dari kandungan tersebut membuat juwet memiliki manfaat bagi kesehatan. Nah, apa saja manfaat yang diperoleh dari juwet atau jamblang tersebut? Simak jawabannya berikut ini!


Khasiat dan Kegunaan Buah Juwet / Duwet / Jamblang bagi Tubuh 

Manfaat Buah Duwet
  • Mencegah Diabetes
Menurut sebuah penelitian menyatakan jika juwet dapat mencegah penyakit diabetes dan menurunkan kadar gula dalam darah.  Selain itu, buah juwet mengandung oleanolic acid di dalamnya sehingga dapat mencegah tumbuhnya penyakit atherosclerosis pada penderita diabetes dan juga katarak.

  • Sariawan
Sariawan dapat menimbulkan rasa sakit dan nyeri ketika makan, sehingga membuat nafsu makan berkurang. Untuk mengatasinya dapat mengkonsumsi buah juwet atau melumatkan buah juwet, lalu tempelkan pada bagian yang sariawan. Bisa juga dengan menggunakan kulit kayu juwet atau daunnya yang direbus sampai matang. Kemudian gunakan air rebusan tadi untuk berkumur 3 kali sehari.

  • Batuk Kronis, Sesak Nafas dan Asma
Juwet ternyata dapat digunakan untuk mengatasi gangguan pada sistem pernafasan, seperti batuk, sesak nafas dan asma. Cara menggunakannya ada dua cara, pertama siapkan 15 gram atau sekitar 5-8 buah juwet yang sudah dikeringkan terlebih dahulu. Kemudian tim buah juwet sampai matang dengan cara dimasukan ke dalam mangkuk berisi air, masukan buah juwet. Setelah matang, angkat dan  pisahkan air dengan buahnya. Setelah dingin, makan buahnya dan minum air hasil tim tadi 3 kali dalam sehari. Kedua, bisa mengkonsumsi buah juwet segar secara langsung sebanyak 3 kali dalam sehari.

  • Mengobati Tuberkulosis
Untuk mengobati penyakit tuberkulosis dengan buah juwet, siapkan beberapa bahan – bahan seperti 30 gram buah juwet yang masih segar dan sudah masak, 25 gram daun sembung, lalu dipotong agak kecil – kecil  dan 15 gram gula pasir. Kemudian masukan semua bahan tersebut dalam wadah atau mangkuk bersisi air hampir penuh, lalu tim hingga matang. Angkat dan biarkan dingin, lalu pisahkan air dan isinya. Airnya diminum dan isinya dimakan menjelang tidur.

  • Batuk Rejang
Selain batuk kronis, buah juwet juga dapat digunakan untuk mengobati batuk rejang.  Cara membuat ramuannya cukup mudah, siapkan 15 gram buah juwet kering, 1 buah empedu ayam betina dan gula secukupnya. Masukan semua bahan tadi dalam sebuah wadah atau mangkuk yang berisi air, lalu tim hingga matang. Angkat dan biarkan dingin, setelah itu makan isi dan minum airnya sehari sekali hingga batuk yang diderita hilang.

  • Mengatasi Diare
Rasanya yang agak masam sepet dan hampir mirip dengan daun jambu biji muda membuat buah juwet dapat digunakan sebagai obat diare pada anak – anak. Caranya, siapkan 6 gram buah juwet matang dan 6 gram beras yang sebelumnya sudah disangrai hingga berwarna kuning agak kecoklatan. Tim kedua bahan tadi dalam mangkuk tambahkan air sampai matang. Angkat dan biarkan dingin, setelah itu bisa langsung dikonsumsi 3 kali dalam sehari.

  • Nyeri Lambung
Caranya, siapkan buah juwet yang kering sebanyak 30 gram. Kemudian sangrai hingga berbau harum, lalu masukan dalam wadah atau mangkuk berisi air. Selanjutnya tim buah juwet hingga matang. Angkat dan apabila sudah dingin dapat diminum airnya dan dimakan isinya 3 kali dalam sehari.

Nah, demikian tadi manfaat buah juwet / duwet atau jamblang bagi kesehatan. Jadi, buah juwet merupakan buah yang hanya satu tahun sekali berbuah dan kaya akan manfaat juga bagi kesehatan. Semoga bermanfaat!
Advertisement

Artikel Lainnya :-D