Makanan dan Minuman Berbahaya bagi Kesehatan & Penyebab Penyakit

Makanan / Minuman yang Berbahaya bagi Kesehatan

Makanan dan minuman merupakan suatu hal yang sangat dibutuhkan manusia untuk bertahan hidup, tanpa keduanya mungkin manusia akan mati. Makanan dan minuman sekarang sudah praktis, ada yang berupa kemasan dan sering untuk dikonsumsi sebagai makanan harian. Namun, dibalik kemasan yang praktis dan enak, terdapat kandungan zat berbahaya bagi kesehatan tubuh yang berasal dari bahan makanan tersebut.

Makanan kemasan atau makanan ringan merupakan cara yang praktis untuk mendapatkan energi dengan cepat sewaktu dalam keadaan mepet. Makanan kemasan atau snack juga biasa dimakan setiap hari di kala senggang dan sedang istirahat sambil menonton Tv. Apalagi di musim hujan yang suhunya sangat dingin, tubuh akan membutuhkan energi untuk menghangatkan tubuh, sehingga makan makanan kemasan menjadi pilihan utama. Namun, tanpa kita sadari kandungan di dalamnya itu baik atau buruk bagi kesehatan tubuh kita. Ada beberapa makanan kemasan, seperti kemasan plastik, kotak, dan kaleng yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit. Seperti makanan yang memiliki label kalori rendah dan dikhususkan bagi program diet yang sering ditemukan pada makanan kemasan.

Bahan Makanan & Minuman Berbahaya Penyebab Penyakit

Makanan & Minuman Berbahaya Penyebab Penyakit

Berikut ini ada beberapa macam bahan makanan dan minuman yang dapat menimbulkan penyakit.

  • Monosodium Glutamat

Monosodium Glutamat atau lebih dikenal MSG merupakan bahan penambah rasa pada makanan kemasan. Adanya kandungan natrium aditif dan asam glutamat di dalamnya dapat berpengaruh terhadap kesehatan otak. Menurut sebuah penelitian, kandungan tersebut lah yang memicu penyakit Parkinson dan Alzheimer.

  • Rhodamin B

Bahan ini berbentuk serbuk kristal dengan warna merah keunguan, apabila dilarutkan ke dalam air akan menjadi merah yang dapat membangkitkan selera. Rhodamin B adalah bahan pewarna kain atau tekstil, namun sering di salah gunakan sebagai bahan pewarna pada makanan. Penggunaan bahan ini dapat dikenali pada makanan yang memiliki warna mencolok secara tidak wajar, seperti warna merah yang terlalu merah terang. Penggunaan bahan ini biasanya pada makanan berupa kerupuk, snack, dan terasi.

  • Aspartame

Aspartame merupakan bahan pemanis pada makanan yang dapat di temukan dengan mudah di semua bahan makanan kemasan.  Bahan ini dapat menimbulkan berbagai macam penyakit seperti leukimia, lymphoma, dan ginjal, apabila terlalu sering mengkonsumsinya. Aspartame dapat kita temukan pada minuman berkarbonasi sebagai pemberi rasa manis pada minuman tersebut.

  • Pewarna Makanan

Bahan satu ini merupakan bahan yang wajib ada pada suatu makanan yang berfungsi sebagai pemikat hati pelanggan dengan warnanya yang cantik dan terlihat enak. Namun, dibalik warna cantik tersebut, ada pewarna buatan yang dapat menimbulkan suatu penyakit serius apabila dikonsumsi secara rutin setiap hari. Penyakit tersebut seperti gagal ginjal, gangguan pada kandung kemih, kanker tiroid, gangguan metal, dan kerusakan kromosom.

  • Sirup Jagung

Tak ada bahan makanan yang tidak menimbulkan penyakit, seperti sirup jagung. Kedengarannya tidak membahayakan bagi kesehatan, namun jangan salah bahan ini memiliki kandungan fruktosa yang sangat tinggi. Sirup jagung merupakan bahan pemanis makanan alami pada makanan kemasan yang dapat menimbulkan obesitas apabila terlalu sering mengkonsumsinya. Selain itu, dapat pula menimbulkan kecanduan setara kokain, penyakit hati dan diabetes. 


Nah, demikian tadi bahan makanan dan minuman penyebab timbulnya penyakit yang dapat membahayakan tubuh. Jadi, kurangi mengkonsumsi makanan kemasan berupa snack atau camilan yang mengandung bahan berbahaya bagi tubuh. Untuk mengetahui kandungan dalam makanan tersebut berbahaya dan terdapat bahan yang dapat menimbulkan penyakit dapat di ketahui dari rasa serik atau tidak enak pada tenggorokan dan warna makanan tidak mudah hilang, walau terkena air. So, berhati – hatilah dalam memilih makanan.

Advertisement

Artikel Lainnya :-D