Khasiat Bawang Merah untuk Diabetes, Hipertensi & Kesehatan Tubuh

Manfaat Bawang Merah Mentah / Matang

Siapa yang tidak kenal dengan bumbu dapur yang satu ini? bawang merah. Bawang merah merupakan salah satu bumbu wajib dalam acara masak memasak, tanpa bumbu satu ini tidak lengkap rasanya suatu masakan. Bawang merah merupakan tanaman yang hampir mirip dengan bawang putih. Hanya saja yang membedakan adalah warnanya yang merah dan keberadaan siung di luar, tidak terbungkus. Sedangkan, untuk bawang putih memiliki warna a putih dan keberadaan siung di dalam dan terbungkus oleh selaput berwarna putih. 

Nah, kedua jenis bawang ini sama dalam hal aroma  yang sama – sama mempunyai aroma khas masing – masing. Bawang merah biasa membuat para ibu rumah tangga menangis apabila sedang memasak. Hal ini dikarenakan bau dari bawang putih yang dihirup dan perih di mata. Jadi, tak heran lagi kalau bawang merah dapat membuat seseorang mengeluarkan air mata.

Khasiat Bawang Merah bagi Kesehatan

Selain sebagai bumbu dapur, bawang merah ternyata juga dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita, namun belum terkenal seperti bawang putih. Bawang merah memiliki kandungan minyak atsiri dan beberapa kandungan senyawa lainnya, seperti vitamin, zat pati, metilaliin, saponin, flavon glikosida, peptida, fitohormon, kuersetin, dihidroaliin, dan sikloaliin. Nah, dari beberapa macam kandungan tersebutlah, bawang merah memiliki manfaat bagi kesehatan.

Khasiat Bawang Merah

  • Mengontrol Hipertensi

Kandungan quercetin dalam bawang merah dapat bermanfaat untuk meningkatkan dan melancarkan sirkulasi darah di dalam tubuh dan mencegah terjadinya stroke serta penyakit jantung. Dengan mengkonsumsi bawang merah mentah yang dibuat jus atau campuran salad dapat mencegah hipertensi dan membuat tekanan darah menjadi stabil.

  • Menurunkan Kadar Kolesterol

Menurut sebuah penelitian, bawang merah dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah  dan menjaga kesehatan jantung.

  • Mencegah Diabetes

Bawang merah ternyata juga dapat mencegah terjadinya penyakit diabetes. Bawang merah yang dikonsumsi secara mentah, seperti dijadikan jus dapat meningkatkan produktivitas insulin, sehingga dapat mencegah penyakit diabetes.

  • Meredakan Sakit pada Tenggorokan

Bawang merah dikenal sebagai obat untuk meredakan sakit pada tenggorokan dan batuk. Caranya, buatlah jus dari bawang merah mentah dan masukan juga madu dan jahe. Kemudian, minum sampai habis.

  • Mengobati Sembelit

Apabila sedang mengalami sulit buang air besar atau sembelit, bawang merah dapat dijadikan obatnya. Hal ini dikarenakan kandungan serat dalam bawang merah yang masih mentah dapat mengeluarkan racun atau toksin dan partikel makanan yang susah dicerna usus.


Demikianlah manfaat bawang merah bagi kesehatan tubuh. Jadi, tidak hanya sebagai bumbu dapur saja kegunaan dari bawang merah, namun juga dapat mencegah dan mengobati beberapa macam penyakit. 
Advertisement

Artikel Lainnya :-D