Kandungan Gizi Telur Bebek Mentah

Kandungan Gizi Telur Bebek



Telur bebek atau telur itik merupakan telur yang berasal dari unggas yang bernama bebek. Bebek sudah banyak diternakan untuk dimanfaatkan telur dan dagingnya. Di Negara Indonesia telur bebek lebih sedikit dikonsumsi jika dibandingkan dengan telur ayam. Telur ini mempunyai kadar air yang lebih tinggi, oleh karena itulah kenapa mempunyai warna yang lebih pekat dan berbau lebih amis. Selain itu juga mempunyai kandungan nutrisi yang lebih tinggi daripada telur ayam. Namun, di dalam telur bebek terdapat kandungan kolesterol cukup tinggi yang membuatnya tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi penderita penyakit diabetes, obesitas dan bagi orang yang mempunyai kadar kolesterol tinggi.


Nilai Kandungan Nutrisi Telur Bebek / Itik


Kandungan Gizi Telur BebekBerdasarkan data nutrisi yang berasal dari Departemen Pertanian Nasional di Amerika Serikat, sebutir telur bebek mentah mempunyai kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh khususnya bagi orang dewasa. Di dalam sebutir telur, terdapat kandungan 158% vitamin B12, 10% vitamin B9 (folat), 26% vitamin B5 (asam pantotenat), 14% vitamin B6, 22% vitamin B2 (ribovlafin),  dan 15% vitamin A.

Asam folat, asam pantotenat,  robovlafin, vitamin B6 dan B12 mempunyai sifat yang mudah larut dalam air. Kandungan vitamin B kompleks tersebut sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, memperlancar proses metabolisme, pembentukan DNA, menjaga kesehatan kulit serta berperan penting untuk hormon sebagai pertumbuhan sel-sel saraf. Sedangkan kandungan vitamin A yang terdapat di dalam telur bebek berupa antioksidan yang mudah larut di dalam lemak. Kandungan tersebut sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang, mata, gigi dan pembentukkan sel-sel pada kulit. 

Di dalam sebutir telur bebek mentah terdapat 46% asupan selenium, 15% zat besi dan 22% kandungan fosfor. Kandungan yang terdapat didalamnya membuatnya dianjurkan untuk dikonsumsi orang dewasa. Ketiga kandungan mineral penting tersebut berfungsi untuk menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, baik untuk kesehatan tulang dan membran sel, memproduksi dan menyimpan energi, serta berfungsi untuk transmisi DNA oksigenasi sel darah merah. 

Mengonsumsi telur bebek merupakan hal yang disarankan. Namun, jika mengingat bahwa telur bebek memiliki kandungan kolesterol yang cukup tinggi sebaiknya tidak mengonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan. Kandungan gizi dan manfaat telur bebek bisa didapatkan apabila pembaca cermat dan cerdas untuk memilih dan mengolah telur bebek.
Advertisement

Artikel Lainnya :-D