6 Cara Mengobati Sakit Radang Tenggorokan secara Alami

Tips Mengatasi Radang, Nyeri, Sakit Tenggorokan secara Tradisional

Kebanyakan orang pernah mengalami yang namanya radang tenggorokan yang membuat rasa nyeri dan sakit. Penyebab dari radang tenggorokan diakibatkan oleh beberapa hal, seperti virus, bakteri, alergi terhadap debu atau asap polusi, atau batuk. Akibatnya suara menjadi serak bahkan hilang, gatal pada tenggorokan dan sakit saat menelan makanan, sehingga membuat nafsu makan menjadi berkurang. Radang tenggorokan harus segera diobati agar tidak mengganggu aktivitas sehari – hari. Ada banyak cara yang dilakukan untuk mengatasi radang tenggorokan seperti tips berikut ini.


Cara Menyembuhkan Penyakit Radang & Nyeri di Tenggorokan secara Herbal



  • Air Garam
6 Cara mengobati sakit radang tenggorokan secara alami

Image Source: pixabay.com
Air garam ternyata dapat mengatasi radang yang sudah terbukti melalui beberapa penelitian. ½ sdt garam yang diseduh dengan segelas air hangat, kemudian dibuat berkumur dapat menghilangkan lendir, menghilangkan bakteri atau virus penyebab radang dan menghilangkan radang pada tenggorokan. Jadi, dapat dijadikan obat alami untuk mengatasi radang tenggorokan.

  • Konsumsi Permen
Mengkonsumsi permen yang dimaksud disini adalah jenis permen yang dapat melegakan tenggorokan, seperti permen peppermint atau permen dalam komposisinya terdapat bahan antibakteri penghilang radang. Permen jenis ini dapat dibeli di apotek terdekat, fungsinya untuk mencegah peradangan dan membuat tenggorokan agar tetap lembab, sebab produktivitas air liur meningkat.


  • Sirup Obat Batuk
Obat batuk berupa sirup dapat dibeli di apotek terdekat. Kenapa harus sirup? Sebab sama halnya dengan air liur, sirup akan berfungsi sebagai penghilang lendir pada tenggorokan, menghilangkan bakteri dan virus serta menjaganya tetap lembab, sehingga terhindar dari peradangan. Untuk pemakaiannya konsultasikan pada dokter, supaya tidak terjadi over dosis. Meskipun sangat efektif, sirup obat batuk hanya bertahan sementara waktu. Sirup obat batuk ada yang menyebabkan kantuk, oleh sebab itu pilih sirup obat batuk yang non kantuk bagi para pengendara transportasi atau bagi para pekerja, sedangkan boleh menggunakan sirup obat batuk yang memberi efek kantuk pada anak – anak.

Kenapa sirup obat batuk ada yang menyebabkan kantuk? Itu supaya penderita batuk dapat tidur pulas saat setelah minum obat tersebut, sebab batuk atau radang tenggorokan dapat membuat sulit tidur di malam hari akibat rasa nyeri dan sakit pada tenggorokan, sehingga lebih baik untuk diminum sebelum tidur.


  • Perbanyak Minum Air
Apabila tubuh kekurangan cairan, maka akan mengalami dehidrasi. Akibat dari dehidrasi salah satunya membuat tenggorokan menjadi kering, sehingga mengakibatkan terjadinya radang tenggorokan. Untuk itu, tubuh harus terpenuhi kebutuhan cairan dengan cara minum air mineral minimal 8 – 12 gelas per harinya. Jadi, selaput lendir pada tenggorokan akan selalu terjaga kelembapannya dan terhindar dari virus atau bakteri yang dapat menempel pada tenggorokan kering penyebab radang.


  • Minum Teh
Minum teh sambil duduk santai memang mengasyikkan. Selain itu, minum teh yang ditambahi madu dapat mengatasi radang pada tenggorokan. Sebab di dalamnya terdapat kandungan anti bakteri yang mampu membunuh bakteri dan virus penyebab radang tenggorokan.


  • Konsumsi Sup Ayam
Selain rasanya yang lezat, sup ayam ternyata dapat mengobati radang tenggorokan. Sebab, sup ayam memiliki kandungan anti inflamasi yang dapat menyembuhkan radang tenggorokan. Selain itu, bentuknya yang cair dapat mudah dikonsumsi tanpa takut sakit saat menelan. Apalagi dikonsumsi dengan kondisi hangat, tenggorokan akan terasa  lega.

Nah, itulah tadi beberapa tips mengatasi radang, nyeri dan sakit tenggorokan yang dapat dipraktekkan di rumah. Semoga bermanfaat!
Advertisement

Artikel Lainnya :-D