Bahaya Mengkonsumsi Miras Oplosan bagi Kesehatan

Bahaya Minum Minuman Keras Oplosan Beralkohol 

Akhir – akhir ini telah banyak kasus miras oplosan dan telah banyak juga yang menjadi korban setelah menenggak minuman beralkohol dan miras oplosan. Banyak orang yang memikirkan kesenangan sementara, namun tidak pendek dalam berfikir ke depan.

Minuman beralkohol merupakan minuman yang haram yang lebih banyak memiliki banyak dampak negatif daripada dampak positifnya. Meskipun dengan meminum minuman beralkohol seperti wine dan whisky atau tuak dapat mencegah kanker prostat, mencegah diabetes, menambah stamina dan mencegah kolesterol apabila dikonsumsi dalam jumlah yang sesuai dosis yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, minuman beralkohol dan miras merupakan jenis minuman yang sama seperti rokok dan narkoba. Sebab sama – sama memberikan efek negatif lebih banyak dan dapat membuat seseorang menjadi ketagihan.

Apalagi ada produsen atau penjual miras oplosan yang suka mengoplos minuman keras dicampur dengan bahan – bahan lainnya, seperti spiritus, bensin, pill sakit kepala dll, sehingga hal inilah yang mengakibatkan miras oplosan dapat membuat nyawa peminumnya melayang.  Selain itu, minum minuman beralkohol dan miras oplosan dapat mengakibatkan beberapa macam gangguan bagi kesehatan, seperti berikut ini!


Dampak Buruk / Efek Negatif / Bahaya Minum Minuman Keras Oplosan yang Mengandung Alkohol bagi Kesehatan Tubuh



Bahaya Mengkonsumsi Minuman Keras Oplosan Berakohol bagi Tubuh

  • Gangguan Mental
Pernahkah melihat seseorang yang sempoyongan dan tidak sadarkan diri saat meminum minuman beralkohol? Nah, inilah salah satu gangguan mental pada peminum minuman beralkohol. Selain itu, dapat mengakibatkan beberapa macam gangguan lainnya seperti mudah emosi dan tersinggung, susah berkonsentrasi, wajah merah, mata juling dan susah untuk berkonsentrasi. Banyak kasus yang membuktikan dimana para pencuri, perampok dan preman kebanyakan minum minuman beralkohol atau miras sebelum melakukan aksinya. Hal ini dikarenakan setelah minum, mereka akan merasa lebih leluasa dan bertambah keberaniannya untuk melakukan kejahatan. Oleh karena itu, hindarilah minuman beralkohol yang hanya merugikan diri sendiri.

  • Merusak Sel Saraf dan Memori Otak
Minum minuman beralkohol dapat pula merusak sel saraf dan memori pada otak, sehingga tidak bekerja dengan maksimal. Ini dapat dilihat dari peminum yang sering berbicara sendiri dan saat ditanya akan ngelantur jawabannya atau tidak sesuai dengan pertanyaannya. Selain itu, peminum berat atau sudah lama mengkonsumsi minuman beralkohol meskipun disuntikkan obat bius atau penghilang rasa sakit saat akan menjalankan operasi masih dapat merasakan rasa sakit karena tubuh dan sel saraf kebal terhadap obat bius tersebut.

Minuman beralkohol juga dapat menyebabkan pembengkakan pada jaringan otak, sehingga menyebabkan gangguan koordinasi pada otak.

  • Gangguan Organ Tubuh
Organ tubuh manusia yang lebih dapat mengalami gangguan ketika sering mengkonsumsi minuman  beralkohol dan  dalam jumlah banyak adalah lambung. Akibatnya lambung akan mengalami peradangan yang disebabkan pada saat lambung mengeluarkan secara paksa semua racun atau zat aditif dalam tubuh, sehingga para peminum alkohol akan mengalami rasa mual dan muntah.

Adapula organ lainnya seperti kerja jantung yang tidak dapat berjalan dengan baik dan terjadi peradangan pada organ hati.

  • Paranoid
Kecanduan minuman beralkohol dapat membuat peminumnya mudah berhalusinasi, hati gelisah tidak tenang, kepala serasa dipukuli, dan mudah emosi atau marah kepada orang lain. Selain itu, meminum minuman beralkohol sama saja dengan meminum racun yang dapat mengakibatkan sel saraf melemah sehingga mengakibatkan mabuk dan gangguan kesehatan.

Nah, itulah tadi beberapa macam dampak negatif minuman beralkohol bagi kesehatan. Jadi, alangkah baiknya kita sebagai orang lebih tahu mengenai bahaya dari minuman beralkohol atau miras oplosan untuk selalu menjauhi barang haram tersebut dan mulai sejak dini mari kita perkenalkan bahayanya mengkonsumsi minuman beralkohol. 
Advertisement

Artikel Lainnya :-D