Bahaya Mendengarkan Musik Terlalu Keras untuk Kesehatan

Bahaya Mendengarkan Musik Terlalu Keras bagi Kesehatan

Setiap orang pastinya senang mendengarkan sebuah lagu, apalagi dengan volume yang dikeraskan. Serasa menambah semangat dan gairah dalam jiwa untuk beraktivitas. Banyak aliran musik yang ada di dunia ini, baik itu musik tradisional atau modern pasti memiliki penggemar masing – masing. Padahal tanpa kita sadari mendengarkan lagu dengan cukup keras atau penggunaan earphone terlalu sering dan lama dapat memunculkan berbagai macam gangguan, seperti di bawah ini :


Dampak Buruk Mendengarkan Musik / Lagu Terlalu Keras dan Menggunakan Headset & Earphone

Bahaya mendengarkan musik terlalu keras untuk kesehatan

Image Source: pixabay.com
  • Gangguan pendengaran

Terganggunya sebuah pendengaran dapat juga diakibatkan oleh terlalu keras mendengar sebuah lagu. Telinga hanya mampu mendengar kurang dari 90 desibel saja, lebih dari itu dapat terjadi kerusakan pada gendang telinga. Akibat dalam jangka lama dapat membuat turunnya kemampuan pendengaran, seperti tuli. Nah, untuk itu lebih baik kurangi pemakaian earphone dan memutar musik dengan volume yang keras. 


  • Gangguan Sistem Syaraf

Gangguan sistem syaraf pada manusia dapat terjadi akibat  terlalu lama mendengar musik keras, sehingga terjadi kerusakan pada sistem syaraf telinga. Apabila kerusakan tersebut sampai ke sistem syaraf pusat atau otak, maka dampaknya akan meluas ke seluruh bagian tubuh. Mungkin tidak seorang pun yang ingin mengalami hal tersebut, jadi lebih baik hindari kegiatan mendengarkan musik terlalu keras dan penggunaan earphone terlalu lama apalagi didengarkan sebagai lagu pengantar tidur.  


  • Infeksi Pada Telinga

Terjadinya infeksi pada telinga merupakan efek dari mendengar musik dengan volume keras dan disertai penggunaan earphone yang digunakan secara bergantian dengan teman atau orang lain. Hal tersebut dapat mengakibatkan pindahnya suatu bakteri atau kuman yang menjadi sebab timbulnya infeksi  pada telinga. Jadi, sebaiknya jangan sering melakukan aksi pinjam meminjam earphone karena dapat menimbulkan infeksi karena bakteri dari orang lain. 


  • Menurunkan Konsentrasi

Sering mendengarkan musik dengan volume yang keras dapat menurunkan tingkat konsentrasi. Selain itu, dapat juga mengalami kesulitan dalam memahami sesuatu, baik kata – kata atau hal – hal yang butuh pemahaman untuk mengerti maksudnya. 


Nah, itulah tadi beberapa dampak yang kita dapat bagi kesehatan ketika mendengarkan lagu dengan volume yang keras dan terlalu seringnya menggunakan earphone. Jadi, menjaga kesehatan telinga sangat penting bagi kehidupan sehari – hari karena dengan telinga kita dapat memahami apa yang dikatakan seseorang kepada kita. Apalah jadinya manusia tanpa telinga, mungkin semua orang menggunakan bahasa isyarat untuk berkomunikasi. Thanks for reading!
Advertisement

Artikel Lainnya :-D