Bahaya Begadang Sampai Pagi & Terlalu Sering bagi Kesehatan

Bahaya Begadang bagi Kesehatan

Begadang merupakan kegiatan tidak tidur di waktu malam hari dan sudah bukan kegiatan yang iseng untuk dilakukan. Begadang wajib bagi pekerja yang bekerja pada shift malam atau pekerja lembur dan juga bagi seseorang yang menjalankan rutinitas setiap malam hari, seperti mengerjakan tugas atau ngopi bersama kawan sampai larut malam. Sehingga mengakibatkan waktu tidur menjadi kurang dan bisa juga memicu terjadinya insomnia atau sulit tidur. Tidur di waktu malam hari paling baik adalah kurang dari 8 jam. Di waktu inilah pikiran dan organ tubuh diistirahatkan dari rutinitas di siang hari.

 Bahaya & Akibat Buruk Terlalu Sering Begadang atau Tidak Tidur Semalaman 

Bahaya Begadang Sampai Pagi Terlalu Sering


Kebiasaan begadang banyak efek negatifnya daripada efek positifnya bagi kesehatan. Begadang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit seperti obesitas, kerusakan sel otak, penyakit jantung dan lain sebagainya

  • Obesitas

Bagi seseorang yang sering begadang dan tidak tidur kurang dari 8 jam di waktu malam hari dapat mengganggu sistem metabolisme tubuh. Sehingga mengakibatkan tubuh menjadi cepat gemuk karena lemak akan lebih cepat untuk disimpan. Selain itu, seseorang yang sering begadang lebih banyak mengkonsumsi makanan yang berlemak, hal ini disebabkan kondisi suhu pada malam hari lebih dingin dan pada akhirnya akan mengakibatkan terjadinya obesitas.

  • Menurunnya Sistem Imun

Keseringan begadang dapat membuat sistem imunitas menjadi menurun dan lebih mudah untuk terserang berbagai macam penyakit. Hal tersebut dapat terjadi karena sering begadang membuat rusaknya sel darah putih yang berguna untuk memperkuat sistem imun supaya terhindar dari berbagai macam penyakit.

  • Menyebabkan Diabetes

Begadang dapat mengakibatkan hormon dan produksi insulin di dalam tubuh menjadi terganggu. Jadi, seseorang begadang juga akan menjadi rentan mengidap diabetes.

  • Stroke

Tubuh dan sistem organ dalam tubuh memerlukan istirahat di waktu malam hari seusai beraktivitas di siang harinya. Namun, apabila tubuh kurang tidur dapat meningkatkan tekanan darah ke jantung yang berujung stroke dan serangan jantung.

  • Mengakibatkan Insomnia

Sering begadang dapat menyebabkan seseorang menjadi kesulitan untuk tidur atau biasa dikenal dengan insomnia. Hal ini terjadi karena tubuh akan menyesuaikan diri sehingga sudah menjadi terbiasa dengan jam tidur larut malam.

  • Penyakit Jantung

Begadang juga dapat memicu timbulnya penyakit jantung yang disebabkan oleh kurang tidur. Selain itu, sering mengkonsumsi kopi atau kebiasaan ngopi setiap malam di café atau warung juga dapat meningkatkan resiko penyakit jantung.

  • Hipertensi

Kurang istirahat dapat menaikkan tekanan darah dalam tubuh. Hal ini dapat terjadi karena tingkat stress menjadi meningkat apabila kurang tidur. Jadi, mengistirahatkan pikiran dan fisik sangatlah diperlukan.

  • Sakit Kepala

Setiap orang pasti merasakan kepalanya akan terasa sakit serasa dipukul  oleh benda keras saat di pagi hari apabila tidur terlalu malam. Nah, itulah akibat dari sering begadang, apalagi bagi yang pertama kali melakukan begadang, efek tersebut akan semakin terasa saat bangun tidur.

  • Melemahkan Sistem Saraf

Sering begadang atau kurang jam istirahat setiap harinya dapat mengganggu sistem saraf. Sehingga dapat mengakibatkan sistem saraf melemah dan efek begadang akan terus menumpuk pada tubuh. Apabila ini terjadi bisa mengancam nyawa atau mengakibatkan kematian.


Demikian tadi akibat sering begadang penyakit mudah datang. Jadi, tubuh beserta seluruh isinya memerlukan waktu istirahat yang cukup untuk memulihkan stamina dan menyegarkan pikiran serta mengistirahatkan sistem organ yang sudah bekerja terus menurus. Sebaiknya hindari kebiasaan begadang larut malam dan istirahatlah selama 8 jam pada malam hari. Buatlah jadwal tidur, seperti tidur pukul 21.00 sampai 04.00 pagi. 
Advertisement

Artikel Lainnya :-D