Makanan dan Minuman yang Tidak Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil Muda

Makanan & Minuman yang Wajib yang Perlu Dihindari Saat Masa Kehamilan

Makanan tinggi kandungan nutrisi saat kehamilan merupakan faktor yang sangat penting untuk membuat bayi yang dikandung sehat. Dengan makanan tersebut, ibu hamil selalu sehat dan fit dalam menjalani masa kehamilan dan bayi dalam kandungannya ikut menjadi sehat juga. Sebab, kesehatan janin tergantung dalam makanan yang dikonsumsi oleh ibunya. Untuk itu penting bagi ibu hamil untuk tetap memilih makanan yang bergizi  dan menghindari makanan yang membahayakan kehamilan. 


Makanan & Minuman yang Buruk bagi Kesehatan Ibu Hamil

Nah, apa sajakah makanan yang wajib dihindari saat masa kehamilan, berikut penjelasannya. 


Makanan dan minuman yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil
Image Source: pixabay.com
  • Makanan Mentah 
Sushi atau jenis makanan yang mentah dan kurang matang saat dimasak sangat tidak baik bagi kesehatan ibu hamil. Sebab, di dalamnya terdapat sebuah parasit yakni toksoplasmosis. Parasit ini dapat mengakibatkan infeksi pada janin dan parasit E. coli juga berbahaya bagi kesehatan ibu hamil. 


  • Sayuran yang Tidak Dicuci dengan Baik
Parasit toksoplasmosis bisa juga terdapat dalam sayuran yang kurang bersih dalam proses pencuciannya. Apalagi sayuran itu dijadikan salad mentah atau lalapan. Hindari juga kotoran dan bermain dengan kucing saat hamil, karena juga mengandung parasit tersebut. 


  • Telur dan Daging Ayam Kurang Matang 
Hindari makan telur dan daging ayam yang masih mentah atau kurang matang. Selain itu, hindari pula makan hati yang mungkin menjadi sumber tumbuhnya salmonella yang bisa membuat diare berat pad ibu hamil. Perhatikan juga kebersihan alat makan, cuci hingga bersih setelah digunakan. 


  • Ikan Berukuran Besar
Ikan yang memiliki ukuran besar, seperti ikan hiu, sea bass, dan tuna yang diketahui memiliki kandungan merkuri tinggi. Kandungan tersebut dapat membuat kerusakan pada saraf jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. 


  • Keju Lunak
Keju lunak memiliki resiko adanya bakteri di dalamnya, yaitu listeria. Bakteri ini dapat menembus plasenta atau saluran yang memberikan makanan kepada janin, sehingga mengakibatkan infeksi pada janin, keguguran, keracunan dan bayi lahir prematur. Jenis keju lunak yang wajib dihindari sampai bayi lahir adalah keju dari susu domba, kambing, camembert, blue veined, dan susu yang belum di pasteurisasi. 


  • Minuman Beralkohol 
Hindari minuman beralkohol atau miras yang dapat membuat kelainan pada janin dan masalah emosional. 


  • Hindari Minuman berkafein 
Minuman berkafein seperti kopi, alangkah baiknya untuk dihindari saat masa kehamian. Sebab kafein tersebut berpengaruh terhadap berat badan bayi semakin rendah dan penyerapan zat besi menjadi berkurang hingga terjadi keguguran. 


Nah, memilih makanan yang sehat bagi ibu hamil merupakan hal yang wajib, agar bayi yagn dikandung selamat dan ibunya pun sehat. Jadi, hindarilah mengkonsumsi makanan diatas saat masa kehamilan. Selain itu, jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dan memeriksakan kiondisi janin kepada dokter kandungan secara rutin.
Advertisement

Artikel Lainnya :-D