Manfaat Bunga Pacar Air untuk Kesehatan

Manfaat Bunga Pacar Air untuk Kesehatan

Pacar air merupakan tanaman yang mudah sekali tumbuh di tempat yang ada airnya walaupun sedikit dan berkembang biak melalui biji. Tanaman ini berasal dari daratan India dan memiliki nama latin Impatiens balsamina Linn. Di Indonesia, tanaman pacar air akan banyak Anda temui pulau dewata, Bali.  Disana pacar air ditanam dan dijual untuk persembahyangan umat Hindu Budha.  Bunga pacar air memiliki warna yang sangat beragam, mulai dari putih, merah, merah muda, ungu, kuning, dan orange. 

Bunga Pacar Air
Bunga Pacar Air

Khasiat Kembang Pacar Banyu / Bunga Pacar Air

Bunga pacar air selain berfungsi sebagai pemercantik halaman rumah dan persembahyangan, ternyata juga bermanfaat bagi kesehatan, seperti mengatasi hipertensi, gigitan ular non berbisa, radang pada kulit. Hal ini dikarenakan kandungan di dalamnya, seperti malvidun, cynidin, pelargindin, kaempherol, anthocyanin, quercetin, dan delphinidin. Nah, berikut ini beberapa macam penyakit dan cara mengobatinya dengan bunga pacar air. Chek it Jon!

  • Mengobati Rematik dan Radang pada Kulit

Rematik sering melanda daerah persendian, sehingga mengakibatkan rasa yang sakit pada daerah tersebut. Untuk meredakan rasa sakit tersebut dapat menggunakan bunga pacar air yang dihaluskan secukupnya, kemudian tempelkan pada bagian yang sakit
.
  • Mengobati Pembengkakan

Pembengkakan di bagian tubuh dapat terjadi dikarenakan beberapa hal, seperti tergigit serangga.  Cara mengatasinya dengan menggunakan bunga pacar air sebanyak 3 – 6 gr yang ditumbuk halus dengan ditambah arak putih secukupnya atau bisa menggunakan alkohol.  Selanjutnya tempelkan pada bagian tubuh Anda yang mengalami pembengkakan.

  • Mengobati Bisul

Bisul merupakan penyakit yang dapat menyiksa penderitanya, apalagi bila terdapat didaerah tertentu.  Cara mengobati bisul dapat menggunakan bunga pacar air sebanyak 3 -6 gr dan daun cocor bebek  5 lembar yang direbus menggunakan 500 cc air sampai tersisa 200 cc air. Saring dan minum air rebusan tadi dalam keadaan hangat.

  • Mengobati Hipertensi

Hipertensi atau biasa dikenal tekanan darah tinggi dapat terjadi oleh setiap orang. Untuk mengatasi hipertensi dapat menggunakan bunga pacar air sebanyak 10 gr dan seledri kecil 100 gr. Rebus kedua bahan tersebut dengan 400 cc air sampai tersisa setengahnya. Saring dan minum air rebusan tersebut.


Itulah tadi beberapa penyakit dan cara mengobatinya dengan menggunakan bunga pacar air. Namun, perlu diperhatikan juga untuk ibu yang sedang hamil dan menyusui dilarang meminum ramuan tersebut. Demikianlah pembahasan kali ini mengenai manfaat bunga pacar air untuk kesehatan.  Semoga bermanfaat dan thanks for reading!
Advertisement

Artikel Lainnya :-D