Manfaat Batang Serai bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Batang Serai
Serai merupakan tanaman yang biasa digunakan sebagai bumbu dan penyedap masakan. Tanaman ini merupakan jenis tanaman rumput – rumputan yang biasa hidup liar atau di pekarangan rumah. Anda pernah melihat ilalang? Nah, kurang lebih bentuk serai seperti ilalang, namun serai lebih bergerombol atau berumpun dibandingkan ilalang. Tanaman serai mempunyai bentuk tulang daun melengkung yang langsung menyatu dengan batang dan memiliki akar serabut.

Khasiat Batang Serai

Tahukah Anda, jika batang serai tidak hanya sebagai bumbu masakan saja? Batang serai ternyata tidak hanya digunakan sebagai penyedap masakan, namun juga bermanfaat bagi kesehatan. Pastinya ingin tahu kan, manfaat apa saja yang bisa Anda dapatkan dari batang serai. So, berikut ini beberapa penyakit yang dapat diatasi dengan menggunakan batang serai. Cekidot!

Manfaat Batang Serai
Khasiat Batang Serai
  • Mencegah Kanker
Batang serai ternyata memiliki kandungan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas pemicu tumbuhnya sel kanker. Kandungan senyawa aktif di dalamnya dapat membunuh sel kanker tersebut tanpa merusak sel yang sehat.

  • Mengatasi Nyeri saat Haid
Masalah nyeri saat datang bulan atau haid sering dialami setiap kaum hawa. Rasa sakit tersebut dapat membuat emosinya meningkat. Namun jangan risau, masalah tersebut dapat Anda atasi dengan mengkonsumsi teh dari batang serai.

  • Memutihkan Gigi
Jarang menggosok gigi dapat mengakibatkan gigi ber plak dan berubah menjadi kuning sehingga membuat Anda menjadi tidak percaya diri. Hal tersebut disebabkan oleh makanan yang kita konsumsi seperti kopi atau rokok. Nah, cara mengatasinya Anda dapat menggunakan batang serai yang yang ditumbuk halus dan ditambahkan arang. Selanjutnya, gosokkan ke gigi yang ingin Anda putihkan.

  • Detoksifikasi
Tahukah Anda? jika batang serai mempunyai fungsi untuk mengeluarkan racun yang ada dalam tubuh atau bahasa keren nya detoksifikasi. Oleh karena itu, serai dapat membantu melancarkan buang air kecil atau buang air besar yang juga sekaligus dapat membersihkan organ dalam, seperti kandung kemih, ginjal, pankreas dan hati.

  • Mengobati Infeksi
Tanaman serai mengandung zat anti-bakteri dan anti-mikroba yang bermanfaat untuk mengatasi infeksi pada kulit karena luka, tipus, mengatasi bau tidak sedap pada badan, keracunan makanan, dan infeksi pada lambung serta saluran kandung kemih.

  • Meningkatkan Fungsi Saraf
Serai juga memiliki minyak atsiri yang berguna untuk meningkatkan kerja dan fungsi dari system saraf. Hal tersebut dikarenakan minyak dari serai bersifat menghangatkan tubuh, melemaskan otot yang kaku, dan meredakan kejang.
Demikian tadi adalah beberapa penyakit yang dapat diobati dengan memanfaatkan batang serai. Nah, berikut ini cara membuat teh dari batang serai yang dapat Anda praktekkan di rumah.

Cara Membuat Teh Serai

Bahan :
  • Serai 8 batang yang sudah tua
  • Gula batu
  • Teh tabur
Cara membuat :
  • Pertama – tama, cuci bersih batang serai, lalu potong kecil atau bisa juga dihaluskan menggunakan blender.
  • Kemudian, rebus dengan empat gelas air sampai mendidih.
  • Masukkan teh tabur dan gula batu, biarkan selama 1 – 2 menit.
  • Saring dan hidangkan dalam cangkir.

Eits, baca juga artikel ini :

>>> Manfaat Biji Waluh alias Buah Labu Kuning
>>> Manfaat Akar Pohon Kelor

Jadi deh, teh serai ini cocok diminum saat malam hari atau cuaca lagi dingin. Semoga artikel tentang manfaat batang serai bagi kesehatan ini bermanfaat.
Advertisement

Artikel Lainnya :-D