Khasiat Tunas Daun Pakis bagi Kesehatan

Manfaat Tunas Daun Pakis

Pakis merupakan tanaman yang berumpun, biasanya tumbuh didaerah yang lembab dan kering serta teduh. Pakis biasanya menempel pada dinding yang sudah lapuk dan berlumut atau di pohon – pohon besar.  Pada saat musim semi tumbuhan ini akan tumbuh tunas daun baru yang muda dan masih menguncup. Jika Anda perhatikan ujung dari tunas baru ini akan tampak seperti kepala biola. Daun pakis yang masih muda atau baru tumbuh tunas daunnya biasa dipetik untuk dijadikan sayur.

Tanaman yang memiliki nama latin Diplazium esculentum ini, telah banyak dikenal di berbagai negara, seperti Nepal, India, Kanada dan Amerika untuk di manfaatkan sebagai sayuran.  Apabila Anda ingin mengetahui rasanya, hampir mirip dengan asparagus atau buncis, teksturnya lembut dan renyah.  Tidak hanya dapat dimanfaatkan sebagai sayuran, namun tunas pakis yang masih muda juga bermanfaat bagi kesehatan. Hal ini dikarenakan banyaknya kandungan gizi di dalam tunas daun pakis yang masih muda. Perhatikan tabel berikut mengenai beberapa macam kandungan tunas daun pakis.

Kandungan
Jumlah/100 gram
Energi
34 Kal
Vitamin A
3617 IU
Vitamin C
26,6 mg
Karbohidrat
5,54 gram
Protein
4,55 gram
Lemak
0.40 gram
Niacin
4,980 mg
Riboflavin
0.210 mg
Sodium
1 mg
Kalium
370 mg
Thiamin
0.020 mg
Kalsium
32 mg
Zat besi
1,31 mg
Tembaga
0.320 mg
Magnesium
34 mg
Selenium
0,7 mcg
Mangan
0.510 mg
Zinc
0.83 mg

Manfaat Tunas Daun Pakis

Nah, itu tadi kandungan yang ada di dalam tunas daun pakis. Lalu apa saja manfaatnya bagi kesehatan? pastinya Anda ingin tahu mengetahui manfaatnya. So, simak ulasan berikut ini :


Tunas Daun Pakis

  • Sumber Antioksidan Tinggi


Tunas daun pakis sudah terbukti mempunyai kandungan antioksidan dua kali lebih banyak dari pada buah blueberry. Fungsi antioksidan tersebut selain sebagai penangkal radikal bebas juga dapat meningkatkan jumlah dari glutathione dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh dari serangan penyakit.

  • Meningkatkan Memori


Kandungan asam lemak dan omega 3 di dalam tunas daun pakis dapat meningkatkan memori pada otak, selain itu juga dapat membantu program diet Anda.

  • Melancarkan Buang Air Besar


Perlu Anda ketahui, kandungan serat dalam ½ cangkir tunas daun pakis sebanyak 7 gram serat. Kandungan tersebut dapat membantu untuk melancarkan buang air besar dan mengobati sembelit.

  • Mencegah Peradangan


Adanya campuran kandungan asam lemak omega-3 dengan anti-oksidan di dalam tunas daun pakis dapat membantu mencegah terjadinya peradangan pada tubuh.

  • Memperlancar Peredaran Darah


Tunas daun pakis dapat memenuhi kebutuhan niacin per harinya. Fungsi dari niacin tersebut dapat mengurangi kadar kolesterol jahat, sehingga melancarkan sirkulasi darah dan mencegah terjadinya sumbatan pada arteri.

  • Sumber Vitamin A


Kandungan vitamin A yang sangat berlimpah dapat Anda temukan di tunas daun pakis. Untuk mendapatkan semua kandungan vitamin  A tersebut, Anda dapat mengkonsumsi nya. Vitamin A sendiri bagus bagi kesehatan mata, kandung kemih, dan ginjal.


Demikian tadi, pembahasan mengenai manfaat tunas daun pakis. Jadi, tumbuhan yang sering kita anggap sebagai tumbuhan liar seperti pakis atau tumbuhan paku, ternyata memiliki manfaat gan juga kandungan gizi yang sangat banyak bagi kesehatan tubuh.


Advertisement

Artikel Lainnya :-D