Khasiat Cabai Merah bagi Kesehatan dan Mencegah Penyakit

Khasiat Cabai Merah bagi Kesehatan
Cabai atau lombok, siapa yang tidak kenal dengan tanaman yang satu ini? pastinya semua orang di dunia ini pasti mengetahui tanaman ini. Yaps, tanaman yang memiliki rasa pedas bingo ini banyak kita temukan di masakan sehari – hari. Bagi orang Indonesia, makan tanpa sambal mungkin tidaklah lengkap rasanya.

Tanaman yang memiliki nama keren Capsicum annuum L ini merupakan tanaman yang banyak penggemarnya. Selain sebagai bumbu masakan atau dijadikan bahan utama makanan, cabai ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan. Pasti Anda kurang percaya dengan pernyataan tersebut. Karena banyak orang yang beranggapan jika banyak memakan cabai dapat menimbulkan masalah kesehatan, terutama pada perut kita. Hal tersebut dapat saja terjadi apabila terlalu berlebihan mengkonsumsi cabai, jika memakan dengan sewajarnya mungkin tidak akan apa – apa. Nah, dari untuk meyakinkan Anda mengenai manfaat cabai bagi kesehatan, simak terus ulasan berikut ini.

Manfaat Cabai Merah untuk Mengatasi Penyakit

Cabai Merah atau Lombok Abang

  • Mengatasi rematik

Bagi Anda yang memiliki masalah rematik dapat diatasi dengan menggunakan cabai merah. Caranya cukup mudah, siapkan cabai merah yang sudah dikeringkan terlebih dahulu sebanyak 10 gram, lalu haluskan. Kemudian seduh menggunakan setengah gelas air panas, lalu oleskan pada bagian yang rematik atau sakit.

  • Mencegah Stroke

Cabai dapat mencegah resiko terkena penyakit stroke, adanya penyumbatan pada pembuluh darah, jantung koroner dan impotensi. Hal tersebut dikarenakan kandungan capsaicin dalam cabai dapat mengencerkan darah dan tidak akan terbentuk kerak lemak di pembuluh darah. Sehingga, membuat darah dapat mengalir lancar. Jadi, cabai ternyata juga bermanfaat mencegah terjadinya penggumpalan darah.

  • Mencegah katarak

Menurut sebuah penelitian, cabai merah ternyata merupakan satu dari sekian bahan makanan pencegah terjadinya penyakit katarak. Hal tersebut dapat terjadi karena kandungan karoten dan vitamin C di dalam cabai merah.

  • Mencegah penyakit jantung

Terkena serangan jantung merupakan penyakit yang disebabkan oleh gaya hidup kurang sehat, sehingga mudah diderita oleh banyak orang. Namun bisa juga disebabkan oleh penggumpalan darah. Cabai merah mempunyai manfaat untuk dapat mencegah resiko terkena penyakit jantung dan penggumpalan darah apabila memakan dalam porsi dan bentuk yang benar dan tidak berlebih.


Nah, itulah tadi manfaat dari cabai yang selama ini hanya kita kenal sebagai bumbu masakan saja, namun ternyata juga memiliki manfaat bagi kesehatan juga. Namun, mengkonsumsi cabai juga tidak boleh berlebihan dan harus sewajarnya. Thanks for reading.

Advertisement

Artikel Lainnya :-D